Home > Ragam Berita > Nasional > Kemenag Tak Memberi Larangan Mahasiswi Mengenakan Cadar

Kemenag Tak Memberi Larangan Mahasiswi Mengenakan Cadar

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Prof Kamaruddin Amin selaku Dirjen Pendidikan Islam Kemenag ternyata memang tak memberikan arahan khusus kepada perguruan tinggi Islam negeri melarang adanya penggunaan cadar di kampus.

Kemenag Tak Memberi Larangan Mahasiswi Mengenakan Cadar

Saat dihubungi kemarin, beliau mengungkapkan bahwa “Kebijakannya ada di kampus (tidak ada arahan khusus), arahan kami agar kampus mengedepankan pembinaan karena mereka adalah anak-anak kita,”

Sedangkan pernyataan serupa diungkapkan juga oleh Ibnu Elmi AS Pelu selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya. Dirinya menilai bahwa tidak ada intruksi khusus dari Kemenag ke setiap rektor perguruan tinggi Islam.

“Nggak ada (tidak ada instruksi khusus pada rektor perguruan tinggi Islam),” katanya saat dikonfirmasi lebih lanjut.

“Saya juga banyak mahasiswa saya yang pakai cadar. Saya tidak terganggu dengan cadar. Cuma cadar itu menimbulkan efek antisosial karena cadar itu bukan syarat ibadah. Cadar itu budaya,” katanya.

Saat ini, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga telah mencabut Surat Rektor No. B-1301/Un02/R/AK.00.3/02/2018 tentang Pembinaan Mahasiswi Bercadar. Pencabutan tercantum dalam surat keputusan yang ditandatangani Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi, tertanggal 10 Maret 2018.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Jakarta – Salah seorang Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe baru-baru ini memberikan prediksinya terkait sejumlah ...