Home > Ragam Berita > Ekonomi > Sindiran Keras Rizal Ramli Terkait Tren Pelemahan Rupiah

Sindiran Keras Rizal Ramli Terkait Tren Pelemahan Rupiah

Jakarta – Lembaga pemeringkat internasiinal S7P Global Ratings memperkirakan pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan mencapai pada level Rp 15.000 per dolar, seperti yang pernah terjadi pada tahun 2015 silam.

Sindiran Keras Rizal Ramli Terkait Tren Pelemahan Rupiah

Sindiran Keras Rizal Ramli Terkait Tren Pelemahan Rupiah

Senior Director Corporate Ratings S&P, Xavier Jean mengatakan, rupiah perlu diawasi jika mencapai level ini. Dia menambahkan, depresiasi bisa berlangsung cepat.

Misalnya saja pelemahan nilai tukar rupiah pada tahun 2015 silam. Dimana pada saat itu rupiah melemah dari Rp 12.000 ke Rp 15.000 hanya dalam hitungan beberapa bulan.

“Kami melihat, level ini akan menimbulkan tekanan finansial bagi banyak perusahaan,” kata dia pada saat konferensi pers, Selasa (13/03/2018).

Lebih lanjut Jean menjelaskan bahwa level Rp 15.000 per dollar AS merupakan level psikologis bagi korporasi. Karena korporasi tidak bisa melanjutkan operasional dengan nilai tukar tinggi.

Mereka pun akhirnya perlu proaktif dan merestrukturisasi utang dengan kreditur. Tapi, S&P belum melihat level tersebut saat ini.

Baca juga : Pemerintah Stop Pendaftaran Sopir Taksi Online, Apa Kata Operator?

“Masalah lebih besar terkait depresiasi adalah kecepatannya. Kepercayaan investor akan terpengaruh jika depresiasi terjadi terlalu cepat,” jelasnya.

“Jadi, level Rp 15.000 adalah level yang perlu diwaspadai, dan laju pelemahan ke Rp 15.000 itulah turbulensi sebenarnya,” sambungnya.

Melihat hal itu, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Rizal Ramli, menuliskan komentarnya melalui sindiran dalam postingan media sosial miliknya. Sindiran tersebut diungkapkan dalam cuitan @RamliRizal di akun Twitter pribadinya, Selasa (13/03/2018).

Rizal mengaku dirinya merasa heran dengan perhitungan pemerintah yang selalu meleset. Sindirannya pun menyebutkan oknum pemerintah yang hanya jago bicara namun selalu gagal dalam perhitungan. Ia juga menyarankan agar oknum tersebut selfie dan ngeband saja.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Terdengar Suara Tembakan Senjata Otomatis di Dekat Istana Raja Salman, Percobaan Kudeta?

Terdengar Suara Tembakan Senjata Otomatis di Dekat Istana Raja Salman, Percobaan Kudeta?

Riyadh – Warga Arab Saudi di sekitar kediaman Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, dikejutkan ...