Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolri Nilai Tensi Pilkada Serentak 2018 Tidak Terlalu Panas

Kapolri Nilai Tensi Pilkada Serentak 2018 Tidak Terlalu Panas

Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memprediksi, pilkada serentak yang akan digelar di 171 wilayah relatif lebih dingin tensinya dibandingkan dengan Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu. Hal ini karena adanya perbedaan faktor latar belakang dalam kontestasi pemilihan kepala daerah tersebut.

Kapolri Nilai Tensi Pilkada Serentak 2018 Tidak Terlalu Panas

“Kami melihat pilkada serentak ini kemungkinan situasi yang mungkin kurang begitu bagus seperti Pilkada DKI, kecil kemungkinan terjadi di wilayah,” ujar Tito dalam rapat dengan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Tito menjelaskan, dalam Pilkada DKI Jakarta, paling tidak terdapat sejumlah faktor yang membuat situasinya relatif memanas. Faktor tersebut di antaranya, latar belakang salah satu pasangan calon, keagamaaannya, dan faktor keturunan. “Ditambah mungin ada beberapa pihak yang kurang nyaman dengan cara berbicara salah satu calon,” kata Tito.

Di samping itu, terjadi head to head partai pendukung pemerintah dan oposisi yang berseberangan mengusung calon masing-masing. Dalam pilkada serentak ini, unsur head to head banyak yang tidak terjadi. Pasalnya, banyak crossing (koalisi) antara partai pendukung pemerintah dan partai oposisi dalam mengusung cakon tertentu. “Ini bisa menjadi mesin pendingin,” ujar Tito.

Baca juga: Agus Rahardjo Akui Ada Kendala Dalam Pengembalian Kerugian Negara

Disamping itu isu mengenai keagamaan, latar belakang agama, suku, dan keturunan ras yang sensitif tidak banyak muncul terjadi di wilayah. Mungkin hanya 1-2, tertentu yg memiliki faktor itu dan ini tentu akan kita berikan atensi dan pengamanan khusus ditempat itu dlm rangka mendinginkan suasana. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Jakarta – Salah seorang Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe baru-baru ini memberikan prediksinya terkait sejumlah ...