Home > Ragam Berita > Nasional > Kemenkum HAM Berikan Remisi saat Perayaan Hari Raya Nyepi 2018

Kemenkum HAM Berikan Remisi saat Perayaan Hari Raya Nyepi 2018

Jakarta – Lima narapidana bebas setelah mendapatkan remisi khusus Hari Raya Nyepi 2018 dari Kementerian Hukum dan HAM. Kemenkumham akan memberikan Remisi Khusus (RK) Nyepi kepada 811 dari 1.467 narapidana beragama Hindu di seluruh Indonesia.

Kemenkum HAM Berikan Remisi saat Perayaan Hari Raya Nyepi 2018

Ilustrasi

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan Mardjoeki mengatakan dari total penerima remisi, 244 narapidana menerima remisi 15 hari, 514 satu bulan, 36 narapidana memperoleh remisi 1 bulan 15 hari, dan 2 bulan remisi untuk 12 narapidana. “Sedangkan dua orang langsung bebas usai menerima remisi 15 hari dan tiga orang bebas setelah menerima remisi 1 bulan,” kata Mardjoeki pada Jumat (16/3/2018).

Per 16 Maret 2018, jumlah narapidana dan tahanan seluruh Indonesia mencapai 233.476 orang. Dengan rincian narapidana sebanyak 166.124, sedangkan tahanan 67.352 orang.

Menurut Mardjoeki, pemberian remisi telah memenuhi ketentuan yang berlaku. Remisi, kata dia, diberikan kepada narapidana Hindu yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, seperti telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F, serta turut aktif mengikuti program pembinaan di lapas atau rutan.

Baca juga: Polda Metro Jaya Berhasil Ringkus Tersangka Pembobol Rekening Nasabah BRI

Pasal 14 Ayat 1 (i) Undang Undang No. 12 tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan menjelaskan, bahwa pemberian remisi adalah Hak Warga Binaan. Remisi Hari Raya Nyepi diberikan bertujuan untuk untuk memotivasi warga binaan agar menyadari kesalahannya, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.

“Selain itu mereka diharapkan dapat aktif berperaan dalam pembangunan dan dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo : "Tenaga Kerja Dari Asing Boleh Masuk, Tapi Rakyat Kita Banyak Yang Nganggur"

Prabowo : “Tenaga Kerja Dari Asing Boleh Masuk, Tapi Rakyat Kita Banyak Yang Nganggur”

Jakarta – Dalam pidato terbarunya kali ini, Prabowo Subianto sempat kirimkan sindiran kepada pemerintah yang ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135