Home > Ragam Berita > Nasional > Gatot Nurmantyo Siap Maju di Pilpres 2019 Jika Rakyat dan Negara Menghendaki

Gatot Nurmantyo Siap Maju di Pilpres 2019 Jika Rakyat dan Negara Menghendaki

Jakarta – Partai Gerindra akhirnya memutuskan untuk menutup pintu bagi Jenderal Gatot Nurmantyo untuk Pilpres 2019. Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan baru akan lewat jalur manakah jika Jenderal Gatot masih ingin maju?

Gatot Nurmantyo Siap Maju di Pilpres 2019 Jika Rakyat dan Negara Menghendaki

Memang sebagaimana yang telah diketahui, kabar Jenderal Gatot yang akan maju di Pilpres 2019 sudah tersiar sejak lama. Namun Gatot baru memberikan sinyal kepastian maju jelang memasuki masa purnawirawan.

Sedangkan menurut legalitasnya, syarat untuk maju sebagai pasangan capres-cawapres harus memenuhi presidential threshold 20-25 persen. Itu berarti pasangan yang akan maju harus memenuhi minimal dukungan parpol atau gabungan parpol dengan 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara nasional Pemilu 2014.

Sementara di sisi lain, mayoritas parpol saat ini sudah menentukan pilihannya. Seperti Presiden Joko Widodo yang sudah mendapat dukungan dari PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura. Kemudian PKS sudah memastikan akan berkoalisi dengan Gerindra dengan mengusung Prabowo.

Saat ini hanya tinggal PKB, PAN, dan Demokrat yang belum menentukan sikapnya. Namun PKB sudah memberi sinyal siap kembali mendukung Jokowi di Pilpres 2019 dengan menawarkan sang ketum, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Petakan 10 Nama Terkait Kasus Dugaan Korupsi Bank Century

KPK Petakan 10 Nama Terkait Kasus Dugaan Korupsi Bank Century

Jakarta – Pasca putusan praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait kasus dugaan korupsi Bank Century, ...