Home > Gaya Hidup > Begini Tips Agar Terhindar dari Kejahatan Skimming ATM

Begini Tips Agar Terhindar dari Kejahatan Skimming ATM

Jakarta – Belakangan ini sejumlah nasabah melaporkan uang di ATM-nya tiba-tiba menghilang atau dicuri. Pihak kepolisian sendiri telah menangkap beberapa pelaku kejahatan pembobolan ATM ini yang ternyata merupakan jaringan internasional.

Begini Tips Agar Terhindar dari Kejahatan Skimming ATM

Bank Indonesia juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam bertransaksi menggunakan ATM dan kartu kredit.

Menurut Eva Aderia, salah satu perwakilan dari Bank Indonesia, apabila ada pihak yang mengatasnamakan Bank Indonesia menghubungi melalui telepon atau SMS sebaiknya diabaikan saja.

“Karena pihak perbankan sendiri tidak akan melakukan hal tersebut atau meminta data-data pribadi nasabah, dengan cara menelpon nasabah melalui telepon,” kata Eva kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Sabtu (17/3/2018).

Selain itu, bila ada SMS One Time Password (OTP) yang masuk agar diabaikan saja, apalagi bila yang bersangkutan tidak merasa mendaftarkan apapun melalui mesin ATM.

“Sebab OTP sendiri adalah sebuah pagar agar sebuah transaksi itu tidak berjalan. Lalu kami terus bekerja sama dengan perbankan atau polisi, agar masyarakat selalu waspada. Agar masyarakat saling menjaga lingkungan sendiri dan kita harus aware. Karena kemungkinan kita juga bisa menjadi korban,” lanjut Eva.

Di kesempatan yang lain, Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta, juga menghimbau agar masyarakat berhati-hati saat menggunakan mesin ATM.

“Seperti ketika memasukan kartu ATM sebaiknya menutup pin dengan kedua tangan. Salah satu menutup permukaan yang satunya lagi memencet sambil menutupi. Kemudian apabila ditemukan alat yang di luar kebiasaan seperti terganjal atau susah masuknya kok ngga mulus bisa melapor ke petugas seperti polisi atau satpam. Kalo ada orang yang masuk ke dalam tempat ATM yang sangat lama bisa dicurigai dan panggil satpam,” tutur Nico.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Manfaat Cleansing Oil yang Belum Diketahui

Inilah Beberapa Manfaat Cleansing Oil yang Belum Diketahui

Jakarta – Selain micellar water, cleansing oil merupakan salah satu produk pembersih wajah yang saat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135