Home > Ragam Berita > Nasional > SETARA Tuding FPI Telah Lakukan Intimidasi Terhadap Produk Jurnalistik

SETARA Tuding FPI Telah Lakukan Intimidasi Terhadap Produk Jurnalistik

Jakarta – Mengenai aksi demonstrasi yang diusung oleh massa FPI yang memprotes karikatur Tempo, SETARA Institute ungkapkan sikap bahwa mereka mengecam aksi tersebut.

SETARA Tuding FPI Telah Lakukan Intimidasi Terhadap Produk Jurnalistik

Bonar Tigor selaku Wakil Ketua SETARA Institute mengungkapkan bahwa demo tersebut nyata-nyata merupakan intimidasi atas pers sebagai pilar keempat demokrasi.

Melalui keterangan tertulis, Bonar mengatakan bahwa “Mobilisasi kerumunan massa (mob) secara fisik karena karya dan produk jurnalistik yang dimuat oleh media massa pada dasarnya adalah serangan fisik dan psikis atas media sebagai lembaga pengawal keadaban publik dalam demokrasi,”

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Jumat kemarin ratusan anggota FPI melakukan aksi demo untuk meminta redaksi Majalah Tempo meminta maaf atas publikasi karikatur yang dinilai menghina atau melecehkan umat Islam khusunya Imam Besar FPI, Rizieq Shihab.

Bonar menilai bahwa kekecewaan suatu kelompok terhadap terhadap produk dan karya jurnalistik dibenarkan dalam alam demokrasi. Namun, menurut dia, saluran yang tepat untuk mempersoalkannya adalah melalui Dewan Pers bukan lewat demo atau unjuk rasa.

“Maka apabila terdapat lembaga pers yang memproduksi dan memuat karya jurnalistik yang dinilai tidak sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik dan melanggar kode etik, saluran yang tepat untuk mempersoalkannya adalah melalui Dewan Pers,” kata Bonar.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Anggap Isu Dirinya PKI Diulang-ulang Lagi

Jokowi Anggap Isu Dirinya PKI Diulang-ulang Lagi

Jakarta – Presiden Joko Widodo masih saja diterpa isu-isu tak sedap semenjak dirinya terpilih menjadi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135