Home > Ragam Berita > Nasional > PDIP Ungkap Syarat Menjadi Cawapres Jokowi

PDIP Ungkap Syarat Menjadi Cawapres Jokowi

Jakarta – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pasca mendeklarasikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, pihaknya masih mencari pendamping yang cocok untuk Jokowi.

PDIP Ungkap Syarat Menjadi Cawapres Jokowi

PDIP Ungkap Syarat Menjadi Cawapres Jokowi

Meski begitu, Hasto mengakui bahwa pihaknya telah menentukan kriteria khusus bagi calon pendamping yang akan berjuang bersama dengan Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang. Salah satu kriteria khusus tersebut adalah sosok pendamping juga harus rajin untuk terjun langsung ke masyarakat.

“Ciri kepemimpinan adalah dia bergerak ke bawah. Dia harus memahami siapa yang dipimpinnya,” kata Hasto di DPR, Jumat (16/03/2018).

Lebih lanjut Hasto menjelaskan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan para calon yang berasal dari kalangan partai politik. Sebab ia menilai bahwa parpol selalu menjalankan fungsi kaderisasi kepemimpinan.

Baca juga : PKS Kritik Jokowi Minta Mensesneg Cari Cawapres

“Bagi PDI Perjuangan alangkah lebih baiknya mereka melalui kaderisasi internal partai politik,” jelasnya.

Meski begitu, Hasto mengatakan bahwa pihaknya tidak akan membedakan latar belakang untuk para calon yang akan mendampingi Jokowi nantinya. Entah sosok tersebut datang dari unsur partai maupun dari unsur non partai.

PDI juga akan membuka pintu selebar-lebarnya bagi para calon yang merupakan warga negara RI untuk menjadi calon pemimpin yang akan mendampingi Jokowi.

“Ya sekali lagi tidak ada dikotomi bagi PDIP, karena parpol juga berdedikasi untuk negara. Semua terpanggil sebagai pemimpin untuk bangsa juga memiliki komitmen sama,” pungkasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Amien Rais Ledek Jokowi di Balai Kota Jakarta

Amien Rais Ledek Jokowi di Balai Kota Jakarta

Jakarta – Mantan Ketua MPR Amien Rais memberikan ceramah di hadapan para ustazah di Balai ...