Home > Ragam Berita > Nasional > 4 Situs Online Ini Dituding Telah Beritakan Kabar Hoaks

4 Situs Online Ini Dituding Telah Beritakan Kabar Hoaks

Semarang – Empat media massa dikabarkan telah dilaporkan ke pihak yang berwajin oleh relawan pemenangan Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo karena diduga telah menyebarkan berita bohong alias hoaks. Media tersebut dianggap menyebarkan hoaks yang menggiring opini bahwa Ganjar Pranowo akan dijadikan tersangka kasus korupsi e-KTP.

4 Situs Online Ini Dituding Telah Beritakan Kabar Hoaks

Wisnu Brata selaku Ketua Relawan Dulur Ganjar mengatakan bahwa keempat media tersebut adalah Pantau.com, Islamedia.faith, Warta Riau, dan Tajuk.co.id.

Saat ditemui di Mapolda Jateng kemarin, dirinya mengatakan bahwa “Hari ini, yang media Tajuk sudah tidak bisa diakses lagi, sudah ditutup,”

Dirinya menjelaskan bahwa keempat media massa tersebut menulis sama persis dan mengutip pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo. Beberapa waktu lalu, Agus mengatakan akan ada penetapan tersangka dari calon kepala daerah.

“Padahal faktanya, hingga saat ini KPK tidak menyebut dan mengumumkan nama-nama tersangka tersebut. Ini sungguh hoaks dan tidak benar itu,” tegas Wisnu.

Sebanyak empat media online tersebut menulis judul sama persis ‘Jumat Keramat, Hari Ini KPK Tetapkan Ganjar Pranowo Sebagai Tersangka?’. Tidak hanya judul yang sama persis, seluruh kalimat pada isi berita bahkan tanda baca juga tak berbeda.

Maka dari itu Wisnu menilai bahwa meski judul diakhiri tanda tanya, namun tidak mengurangi indikasi bahwa tujuan pemberitaan itu untuk menggalang opini negatif terhadap Ganjar sekaligus membingungkan masyarakat.

“Fakta adanya judul dan isi berita yang sama persis, bahkan di bagian akhir ada typo yang juga sama mengindikasikan media-media ini digerakkan oleh pihak tertentu,” tandas Wisnu.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Menyebut Belum Ada Pembicaraan Formal Dengan PKS Terkait Cawapres Prabowo

Fadli Zon Menyebut Belum Ada Pembicaraan Formal Dengan PKS Terkait Cawapres Prabowo

Jakarta – Muncul sebuah informasi bahwa Ahmad Hermawan (Aher) adalah salah satu dari sembilan nama ...