Home > Ragam Berita > Nasional > Bila Jokowi Terpilih Lagi, Ahok Disebut Bisa Diangkat Menduduki Jabatan Ini

Bila Jokowi Terpilih Lagi, Ahok Disebut Bisa Diangkat Menduduki Jabatan Ini

Jakarta – Banyak prediksi yang disebutkan oleh sejumlah pengamat menjelang Pilpres 2019 mendatang, termasuk siapa-siapa yang akan mendampingi presiden terpilih.

Bila Jokowi Terpilih Lagi, Ahok Disebut Bisa Diangkat Menduduki Jabatan IniBila Jokowi Terpilih Lagi, Ahok Disebut Bisa Diangkat Menduduki Jabatan Ini

Menurut pengamat politik Emrus Sihombing menilai bila Joko Widodo terpilih kembali menjadi presiden, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki peluang besar untuk menjadi salah satu menterinya.

“Hubungan keduanya cukup dekat. Sama-sama ingin perubahan. Jika Jokowi terpilih kembali bisa membentuk kementerian baru. Misalnya, Kementerian Inspektorat Lembaga Negara,” ujar Emrus, Kamis (15/3/2018).

Pria yang mengajar di Universitas Pelita Harapan ini menambahkan, Kementerian Inspektorat Lembaga Negara perlu berdiri sendiri agar lebih efektif mengawasi kinerja para aparatur negara.

“Inspektorat memang ada di tiap kementerian. Tapi karena berada di bawah masing-masing menteri jadinya kurang bergigi. Kenapa tidak ditarik saja di bawa kementerian khusus,” kata Emrus.

Ahok dinilai sangat tepat memimpin kementerian tersebut karena Ahok tidak bisa diajak kompromi.

“Ahok sangat bagus di situ, dia tak bisa diajak kompromi. Ahok juga bisa dipercaya. Lembaga itu nantinya bisa untuk mengawasi provinsi, kabupaten/kota juga. Pemerintahan bisa bersih,” kata Emrus.

Kementerian Inspektorat Lembaga Negara juga diyakini tidak akan berbenturan dengan lembaga hukum yang lain seperti KPK atau kepolisian karena kementerian ini hanya akan mengawasi kinerja kementerian dan lembaga-lembaga negara, serta pemerintahan di daerah. Tidak melebar ke lembaga legislatif dan judikatif.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Nasdem Tuding Rizal Ramli Gengsi Akui Kesalahannya

Nasdem Tuding Rizal Ramli Gengsi Akui Kesalahannya

Jakarta – Keputusan Rizal Ramli yang melaporkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ke polisi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135