Jakarta – Persija Jakarta memang sedang kesulitan untuk mencari kandang untuk Liga 1. Hal tersebut membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno merasa bersimpati. Dia berjanji bakal mencari jalan keluarnya.

Sandiaga Bakal Bantu Persija Cari Markas Untuk Liga 1

Macan Kemayoran memang masih belum mendapatkan kepastian stadion yang bakal dipakai menjadi kandang untuk berlaga di Liga 1. Kompetisi kasta tertinggi antarklub di Indonesia akan kickoff, pada Jumat (23/3/2017). Persija bakal menjalani pertandingan melawan Bhayangkara FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Penyebab kesulitan yang dialami oleh Persija tersebut dikarenakan venue-venue di Jakarta, Bogor, dan Bekasi sedang dipersiapkan untuk menggelar Asian Games 2018. Manajemen Persija sudah menembusi Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, serta wakil presiden, Jusuf Kalla, agar mendapatkan solusi soal stadion.

“Kami sudah mengirim surat kepada Wapres. Isinya meminta saran, petunjuk, dan kebijaksanaan. Persija ingin menggunakan tiga stadion di Jabodetabek,” ungkap Gede Widiade, Direktur Persija.

“Alasannya, bahwa tiga stadion itu tidak semuanya digunakan untuk cabor sepakbola di Asian Games. Kalau tidak digunakan, kami dapat pakai untuk homebase,” dia menambahkan.

Sandi pun mengatakan bakal membantu mencari jalan keluarnya. Dia mengungkapkan hal tersebut ketika di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018).

“Kasihan, kita akan coba cari solusi. Kita cari solusinya bagaimana bisa optimalisasi daripada venue-venue. Dan selama Asian Games gimana schedulenya apakah bisa dikosongin. Karena pas Asian Games itu saya inginnya semua terpusat kepada Asian Games. Ini 55 tahun sekali,” kata Sandi kepada pewarta.

Meski begitu, Sandiaga meminta semua pihak mengutamakan kepentingan Asian Games. Ia menilai, gelaran Asian Games itu merupakan kepentingan Nasional yang harus didukung berbagai pihak.

“Asian Games ini perlu bantuan dan ini proyek besar dari Pak Presiden sendiri. Pak Gubernur dan saya komit kita all out bahwa Asian Games ini kita akan dukung,” kata Sandi.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)