Home > Otomotif > Mobil > Tips Hemat BBM Mobil Saat Perjalanan Jauh

Tips Hemat BBM Mobil Saat Perjalanan Jauh

Jakarta – Melakukan perjalanan jauh bersama keluarga dengan mengendari mobil memang sangat menyenangkan. Namun Anda juga harus memperhatikan bagaimana Anda mengemudi sehingga tidak justru harus merogoh kocek lebih dalam karena boros BBM.

Tips Hemat BBM Mobil Saat Perjalanan Jauh

Perjalanan di dalam kota dan ke luar kota memang beda di dalam memperhitungkan konsumsi BBM mobil.

Khusus untuk perjalanan ke luar kota, perlu dilakukan beberapa langkah di bawah ini agar konsumsi BBM mobil lebih irit:

1. Periksa Tekanan Ban
Selalu periksa tekanan ban bila ingin melakukan perjalanan jauh. Selain untuk faktor keamanan, ban yang tekanan anginnya kurang membuat mesin bekerja lebih berat untuk menggerakkan mobil, sehingga otomatis konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih banyak.

2. Tidak Membawa Barang Berlebihan
Bawalah barang secukupnya saja untuk perjalanan Anda agar mobil tidak bekerja lebih keras untuk dapat bergerak dan melaju. Hal ini tentu saja berpengaruh pada konsumsi BBM.

3. Berkendara Dengan Halus
Berkendaralah dengan kecepatan normal dan halus. Tidak dengan cara agresif dan mendadak. Perhatikan waktu yang tepat untuk melakukan akselerasi dan lakukan dengan halus mesin juga akan secara perlahan menyedot BBM untuk menambah tenaga mesin.

4. Matikan AC Bila Perlu
Penggunaan AC juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Dalam kecepatan rendah, penggunaan AC akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk memutar kompresor AC mobil. Namun bila dalam kondisi kecepatan tinggi, jangan membuka kaca mobil karena mobil akan mengalami dorongan angin yang masuk ke kabin dari arah depan sehingga beban mesin mobil menjadi lebih berat.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Tips Agar Kabin Mobil Bebas dari Bau Asap Rokok

Tips Agar Kabin Mobil Bebas dari Bau Asap Rokok

Jakarta – Merokok di dalam mobil akan meninggalkan bau asap rokok yang tidak mudah hilang ...