Home > Otomotif > Mobil > Hindari Kebiasaan Mencuci Mobil Yang Salah

Hindari Kebiasaan Mencuci Mobil Yang Salah

Jakarta – Di musim penghujan ini, bagi para pemilik mobil pasti akan lebih sering mencuci mobilnya akibat terkena hujan dan lumpur di jalan.

Hindari Kebiasaan Mencuci Mobil Yang Salah

Lebih sering para pemilik mobil untuk mencuci sendiri mobilnya pada pagi hari atau sore hari sepulang dari tempat kerja.

Meski terlihat mudah, namun sebagian orang tidak menyadari bahwa cara mereka memandikan mobilnya ternyata tidak tepat dan justru akan membuat cat mobil tergores atau cepat pudar.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci mobil:

1. Memakai Sabun Cuci Piring
Karena tidak ada sabun khusus untuk mencuci mobil di rumah, pemilik mobil sering kali menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobilnya. Padahal sabun cuci piring memiliki kandungan bahan yang terbilang cukup keras untuk cat mobil. Sehingga efeknya cat mobil cepat memudar atau belang.

2. Mencuci di Bawah Terik Matahari
Kebiasaan mencuci di bawah terik matahari juga memiliki efek negatif bagi cat mobil. Sisa air atau sisa sabun akan cepat mengering sehingga menimbulkan noda pada cat mobil.

3. Mencuci dari Bawah ke Atas
Mencuci mobil seharusnya dari atas ke bawah karena kotoran pada bagian atas mobil umumnya lebih sedikit dibandingkan pada bagian bawah. Bila mencuci dari bawah terlebih dahulu maka hanya akan membawa kotoran ke atap atau kap mobil.

4. Hanya Menggunakan Satu Ember Air
Umumnya pemilik mobil hanya menggunakan satu ember air yang telah dicampur sabun untuk mencuci mobilnya. Kebiasaan ini kurang tepat karena kotoran dan debu akan tercampur di dalam ember tersebut sehingga membuat cat mobil mudah tergores karena lap atau sponge yang digunakan tercampur debu yang menempel. Lebih baik gunakan juga satu ember yang hanya berisi air saja untuk membilas lap setelah diusapkan ke bodi mobil.

5. Melewatkan Sela Pintu Mobil
Umumnya pemilik mobil hanya membersihkan mobilnya pada bagian-bagian yang terlihat saja. Padahal ketika kita membuka daun pintu, sering kali kita melihat bagian dalamnya tidak terlalu bersih. Apalagi bagian tempat kaki penumpang atau pengemudi naik dan turun.

6. Melewatkan Karpet dan Dashboard Mobil
Bagian karpet dan dashboard mobil juga harus dibersihkan. Untuk membersihkan karpet, Anda bisa menggunakan vacum cleaner. Sedangkan untuk dashboard, gunakan saja lap basah yang telah diperas.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Pihak Daihatsu Berikan Penjelasan Soal Video Viral Ayla Tak Kuat Nanjak

Pihak Daihatsu Berikan Penjelasan Soal Video Viral Ayla Tak Kuat Nanjak

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini telah beredar sebuah video tentang mobil Ayla yang tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135