Home > Gaya Hidup > Tips > Tebu Ternyata Punya Khasiat untuk Lawan Insomnia

Tebu Ternyata Punya Khasiat untuk Lawan Insomnia

Jakarta – Tanaman tebu meski jarang ditemui tapi khasiatnya dapat menjadi obat tidur alami yang aman dikonsumsi. Anda harus tahu, ada komponen dari tebu yang bermanfaat untuk melawan insomnia setiap malam.

Tebu Ternyata Punya Khasiat untuk Lawan Insomnia

Ya, para ilmuwan yang dipimpin oleh seorang peneliti asal India telah menemukan komponen aktif yang ditemukan dalam tebu, membantu mengurangi stres sekaligus membantu Anda tidur nyenyak. Anda harus ingat, risiko insomnia dapat memicu obesitas, penyakit kardiovaskular, depresi, hingga kecemasan. Hal ini harus dicegah agar tak berdampak mematikan.

Periset dari Universitas Tsukuba di Jepang Kaushik menemukan, octacosanol dari tebu mengurangi stres dan membuat seseorang langsung tidur nyenyak. Octacosanol ini ada di bagian kulit, daun tebu dan daging buahnya mengeluarkan rasa manis bila dihisap.

Ekstrak tebu juga mengandung policosanol atau oktacosanol yang merupakan penyusun utama menghilangkan risiko stres. Kandungan ini dapat menurunkan kadar kortikosteron dalam plasma darah, yang merupakan penanda stres.

Temuan ini dibuktikan lewat tikus yang diberi oktacosanol lewat tebu. Sebelumnya, hewan pengerat tersebut tergolong stres dan sulit tidur.

Tikus yang diberi oktacosanol, menjadi lebih tenang dan tidurnya teratur. Karena itu, zat ini juga diklaim ampuh untuk manusia. “Penelitian selanjutnya mencakup identifikasi area otak sasaran octacosanol, permeabilitas BBB-nya, dan mekanisme dimana octacosanol menurunkan tekanan,” kata Kaushik. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Trik untuk Atasi Mata Panda

Inilah Beberapa Trik untuk Atasi Mata Panda

Jakarta – Mata merupakan salah satu bagian terpenting tubuh yang bisa membuat seseorang terlihat makin ...