Home > Ragam Berita > Internasional > Uskup Ini Ditangkap Usai Curi Uang Persembahan Rp 8 Miliar

Uskup Ini Ditangkap Usai Curi Uang Persembahan Rp 8 Miliar

Formoza – Otoritas penegak hukum di Formosa, Brasil, telah berhasil menangkap seorang uskup dan beberapa pastor Katolik lainnya. Mereka semua ditahan atas tuduhan penyelewengan dana persembahan di gereja. Penegak hukum berhasil menggeledah kediaman Uskup bernama Jose Ronaldo Ribeiro.

Uskup Ini Ditangkap Usai Curi Uang Persembahan Rp 8 Miliar

Uskup Ini Ditangkap Usai Curi Uang Persembahan Rp 8 Miliar

Dilansir dari Sky News, Kamis (22/03/2018), aparat penegak hukum berhasil menggeledah kediaman Uskup Jose dan menemkan tumpukan uang yang disimpan dalam tas khusus di sebuah persembunyiannya. Menurut informasi yang beredar, uang tersebut sebanyak 600.000 dolar Amerika serikat atau setara dengan Rp 8,2 miliar.

Jaksa penuntut Goias dalam pernyataannya menjelaskan bahwa uang tersebut diambil dari perpuluhan atau kotak persembahan saat ada pernikahan, baptis atau misa mingguan gereja. Mereka mengambil uang tersebut dari gereja yang berasal dari tiga kota, yakni Formosa, Posse dan Planaltina.

“Diduga, mereka menggunakan uang itu untuk membeli tiket lotere dan peternakan,” ujar jaksa.

Baca juga : Otoritas Swiss Dikabarkan Aktifkan Kembali Pembangkit Tenaga Nuklir di Beznau

Kasus ini sebenarnya sudah mulai di selidiki sejak tahun 2015 silam. Penyelidikan dimulai berdasarkan keterangan dari para umat paroki di Formosa yang mengeluhkan uang persembahan mereka yang tidak jelas peruntungannya.

Meski begitu, Ribeiro menyangkal tuduhan tersebut dan aparat penegak hukum masih belum mendapatkan cukup bukti. hal itu dikatakan oleh Ribeiro saat dirinya diwawancarai oleh salah satu stasiun tv.

Ribeiro menjabat sebagai Uskup Formosa pada 2014 oleh Paus Fransiskus. Sebelumnya, dia menjabat sebagai uskup di Janauba selama tujuh tahun.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Ingin Istrinya Ikut Seminar Poligami

Sandiaga Ingin Istrinya Ikut Seminar Poligami

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini telah beredar pamflet daring Kelas Poligami Nasional di media ...