Home > Ragam Berita > Nasional > Menurut Survei, AHY Sosok Yang Tepat Dampingi Jokowi

Menurut Survei, AHY Sosok Yang Tepat Dampingi Jokowi

Jakarta – Berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan oleh Political Communication (PolcoMM) Institute, Ketua Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai sebagai calon wakil presiden yang tepat untuk mendampingi Joko Widodo dalam Pilpres 2019 mendatang.

Menurut Survei, AHY Sosok Yang Tepat Dampingi Jokowi

Prediksi tersebut muncul usai mendapati elektabilitas AHY, yang berada di angka 24,08 persen mengungguli beberapa tokoh lain. Menurut Direktur Eksekutif PolcoMM Institute, Heri Budianto, sebagian besar dari 1.200 responden, ingin Jokowi menggandeng AHY menjadi pendampingnya dalam Pilpres 2019.

“Cawapres yang dipilih responden untuk mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019 menempatkan AHY di posisi teratas dengan 24,08 persen,” kata Heri di Hotel Alia, Cikini, Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Faktor tingginya elektabilitas AHY salah satunya adalah karena publik menilai Jokowi membutuhkan sosok pendamping dari unsur militer. Responden yang menilai Jokowi perlu menggaet sosok dengan latar belakang militer mencapai 31,65 persen.

Disamping itu, ada beberapa responden yang juga menginginkan Jokowi menggaet pendamping dari kalangan partai politik sebesar 17,96 persen, kalangan profesional 16,26 persen dan berlatar tokoh agama sebesar 13,59 persen.

Heri mengatakan bahwa responden yang menilai Jokowi sebaiknya mengambil cawapres dari sosok dari luar Jawa sebesar 30,54 persen. Sedangkan responden yang tak mempersoalkan Jokowi menggaet calon pendamping dari Jawa sebesar 28,66 persen.

“Alasan responden karena sosok militer dianggap tegas untuk melengkapi sosok Jokowi saat ini,” ujarnya.

Di bawah AHY, terdapat nama ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan elektabilitas yang mencapai 20,08 persen, Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo sebesar 18,92 persen dan Ketua Umum PKB M Muhaimin Iskandar 10,33 persen.

Menyusul Muhaimin, ada nama Menko PMK Puan Maharani 6,83 persen, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi 6,50 persen, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko 2,00 persen, Agum Gumelar 1,42 persen dan Kepala BIN Budi Gunawan 0,33 persen.

Sekedar informasi, survei yang telah dilakukan oleh PolcoMM tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan sekitar 1.200 responden di 34 provinsi. Survei dilakukan mulai tanggal 18 hingga 21 Maret 2018 dengan wawancara langsung tatap muka. Adapun tingkat kepercayaan dari survei ini sebesar 95 persen dan margin of error sebesar 2,83 persen.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Baswedan Kembali Ancam Bakal Tutup Diskotek Old City

Anies Baswedan Kembali Ancam Bakal Tutup Diskotek Old City

Jakarta – Gubernur Anies Baswedan mengancam akan menutup diskotek Old City di Tambora, Jakarta Barat. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135