Home > Ragam Berita > Nasional > Pilpres 2019, Elektabilitas Habib Rizieq Berada di Urutan Nomor 8

Pilpres 2019, Elektabilitas Habib Rizieq Berada di Urutan Nomor 8

Jakarta – Wacana pencapresan Rizieq Shihab kali ini dikomentari oleh beberapa partai yang berhubungan dekat dengannya. Selain itu juga terdapat hasil survei mengenai pencapresan tersebut yang mana hasilnya masih jauh dari kata menggembirakan.

Pilpres 2019, Elektabilitas Habib Rizieq Berada di Urutan Nomor 8

Saat ini Partai Gerindra menegaskan Prabowo Subianto sebagai capres harga mati. Dan hal senada diungkap PKS yang menilai Rizieq lebih tepat sebagai ‘penjaga berkah’ saja ketimbang maju sebagai capres. PAN menyerahkan penilaian kepada masyarakat. Adapun PBB bersikukuh menjagokan Yusril Ihza Mahendra. Dengan kata lain, tak ada satu dari empat parpol itu yang mendukung pencapresan Rizieq.

Slamet Maarif juga mengatakan bahwa “Masih ada waktu untuk diskusi dan musyawarah dengan 4 parpol tersebut,”

“Insyaallah. (Komunikasi) Terus dikomunikasikan,” ucap Slamet yang juga Ketua Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) ini.

Dan yang perlu diperhatikan lagi ialah perihal SMRC yang sudah merilis survei yang mencantumkan nama Rizieq pada 2 November tahun lalu. Responden survei adalah masyarakat Jawa Barat, dengan jumlah sampel 820 responden. Metode yang digunakan multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error 3,5 persen. Hasilnya, Rizieq berada di urutan ke-8 dari 18 nama. Nomor satu ada Jokowi dengan 25,7 persen, diikuti Prabowo 22%, SBY dengan 1,3%. Rizieq sendiri mendapat 0,5% suara responden. Di urutan paling buncit ada Mahfud MD dengan 0,1% suara responden.

Selanjutnya, Median merilis survei yang mencantumkan nama Rizieq pada 22 Februari 2018. Dalam risetnya, Median menggunakan sampel 1.000 responden. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling sejak 1 sampai 9 Februari 2018. Margin of error kurang-lebih 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil survei Median ini belum juga menggembirakan pihak Rizieq karena peringkat Rizieq hanya ada di nomor 18. dari 24 nama.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Bakal Jemput Paksa Dhani Jika Mangkir Lagi Dari Panggilan

Polisi Bakal Jemput Paksa Dhani Jika Mangkir Lagi Dari Panggilan

JAkarta – Pihak Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim sudah siapkan pemanggilan kedua Ahmad ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135