Home > Ragam Berita > Nasional > Indonesia Bakal Kerja Sama dengan Prancis untuk Pantau Gunung Berapi

Indonesia Bakal Kerja Sama dengan Prancis untuk Pantau Gunung Berapi

Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meneken surat kerja sama dengan pemerintah Prancis, untuk memantau gunung-gunung berapi di Maluku Utara dan Yogyakarta, Senin (26/3/2018).

Indonesia Bakal Kerja Sama dengan Prancis untuk Pantau Gunung Berapi

Ignasius Jonan

“Nantinya, Indonesia dan Prancis akan bekerja sama dalam kegiatan ilmiah dan teknis bidang sistem pemantauan gunung berapi. Juga akan ada pelatihan serta mitigasi bahaya geologi,” kata Menteri ESDM Ignasius Jonan pada Senin (26/3/2018).

Jonan berharap, kerja sama itu bisa menghasilkan laporan penelitian komprehensif mengenai gunung berapi, sehingga membantu pemerintah memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah gunung berapi. Sebab, banyak warga yang tinggal di daerah tersebut tidak memiliki pemahaman tentang vulkanologi, gempa bumi, dan lainnya,” ungkapnya.

Baca juga: KPK Tegaskan Bakal Cari Fakta Terkait Beberapa Pihak yang Diungkapkan Setnov

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, akan menjadi institusi yang bertanggung jawab atas pemantauan pelaksanaan kerja sama ini.

Sementara itu, dari pihak Prancis, Kementerian Eropa dan Luar Negeri serta Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset, dan inovasi negeri itu akan akan menjadi institusi yang bertanggung jawab. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Jakarta – Salah seorang Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe baru-baru ini memberikan prediksinya terkait sejumlah ...