Home > Ragam Berita > Nasional > Kampanye Ridwan Kamil di Kabupaten Bandung Diduga Ilegal

Kampanye Ridwan Kamil di Kabupaten Bandung Diduga Ilegal

Bandung – Panwaslu Kabupaten Bandung menilai bahwa kampanye Ridwan Kamil yang dilakukan pada Rabu, 28 Maret 2018 adalah ilegal. Hal ini lantaran kegiatan tersebut dilakukan tanpa pemberitahuan pada pihak Panwaslu.

Kampanye Ridwan Kamil di Kabupaten Bandung Diduga Ilegal

Hedi Ardia selaku perwakilan Panwaslu mengatakan bahwa “Relawan Ridwan Kamil baru memberi tahu, mengirim surat pukul 12.00 lebih, sementara kampanye sudah berlangsung,”

Selain itu Panwaslu Kabupaten Bandung hingga saat ini juga belum menerima daftar tim kampanye gabungan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum di wilayah Kabupaten. Mereka hanya menerima daftar relawan Ridwan sebagai bagian dari tim kampanyenya dalam Pilgub Jabar 2018.

“Petugas kampanye itu harus terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Nah, petugas kampanye Ridwan Kamil kami pertanyakan atas nama siapa,” ujarnya.

“Disebut kampanye ilegal karena tidak ada pemberitahuan dan timnya tidak terdaftar. Keduanya pelanggaran administrasi,” ucapnya.

Dia mengutip aturan tersebut pada Pasal 40 ayat 1 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017, yang mewajibkan petugas kampanye pertemuan tatap muka menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada aparat kepolisian dengan tembusan pada panwaslu kabupaten/kota.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jusuf Kalla Nilai Kinerja Kabinet Terganggu dengan Aktivitas Menteri yang Nyaleg

Jusuf Kalla Nilai Kinerja Kabinet Terganggu dengan Aktivitas Menteri yang Nyaleg

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, menteri-menteri yang maju sebagai calon anggota legislatif ...