Home > Ragam Berita > Nasional > Imam Besar Masjid New York Menilai Cadar Bukan Ajaran Islam

Imam Besar Masjid New York Menilai Cadar Bukan Ajaran Islam

Jakarta – Imam Shamsi Ali, seorang Imam Besar di Islamic Center New York, Amerika Serikat, yang berasal dari Indonesia turut memberikan komentarnya mengenai isu larangan penggunaan cadar bagi wanita Muslim yang telah menjadi kontroversi di Indonesia saat ini.

Imam Besar Masjid New York Menilai Cadar Bukan Ajaran Islam

Imam Shamsi Ali

Imam Shamsi Ali mengatakan bahwa Amerika tidak mengalami banyak pertentangan tentang cadar seperti yang terjadi di Indoensia.

Ia menilai bahwa sebagai negara yang menjunjung kebebasan, Amerika memberikan kesempatan penuh bagi warganya untuk mengekspresikan diri, baik sesuai budaya maupun agama yang mereka yakini.

Selain itu, negara juga memberikan dispensasi khusus bagi Muslim dalam beberapa hal, seperti membolehkan Muslimah tetap menggunakan penutup kepala (jilbab) saat pembuatan paspor, meskipun seharusnya dalam pengambilan foto bagian telinga diwajibkan terlihat.

Baca juga : Ulama di Bali Anggap Cadar Adalah Gaya Busana di Arab Saudi

“Di Amerika tidak ada batasan untuk cadar, karena itu bagian dari praktik agama maka tidak dilarang,” kata Imam Shamsi Ali dalam keterangannya, Selasa (27/03/2018).

Lebih lanjut Imam Shamsi Ali menjelaskan bahwa segala bentuk perwujudan simbol-simbol agama lainnya juga memiliki perlindungan di mata hukum. Oleh karena itu setiap warga negara dipastikan memperoleh haknya tanpa adanya tindakan diskriminasi. Termasuk juga memakai cadar atas alasan dasar agama meskipun Agama Islam tidak memaksa untuk memakai cadar.

“Di Amerika, segala hal berazas pada ajaran agama, maka akan diterima secara hukum dan dilindungi. Karena ini mencakup kebebasan setiap orang untuk memeluk agama dan mengekspresikannya di muka publik,” jelasnya.

“Oleh karena itu Negara Indonesia ini adalah negara Pancasila dan memberikan kebebasan bagi warganya. Jadi, kalau ada yang memakai cadar karena alasan agama, maka seharusnya tidak dilarang atau disalahkan,” sambungnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Diramal Amien Rais Jadi Penyelamat Negeri, Anies Baswedan : Saya Amini

Diramal Amien Rais Jadi Penyelamat Negeri, Anies Baswedan : Saya Amini

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengamini ramalan yang diucapkan oleh mantan Ketua MPR ...