Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Alasan Jaksa Tolak Justice Collaborator yang Dilayangkan Setnov

Inilah Alasan Jaksa Tolak Justice Collaborator yang Dilayangkan Setnov

Jakarta – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak permohonan Setya Novanto untuk memeroleh status sebagai justice collaborator. Menurut jaksa, Novanto tidak memenuhi syarat sebagai saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum.

Inilah Alasan Jaksa Tolak Justice Collaborator yang Dilayangkan Setnov

“Dari keterangan terdakwa, kami jaksa penuntut umum menilai terdakwa belum memenuhi kualifikasi sebagai justice collaborator. Untuk itu, jaksa belum dapat memenuhi permohonan terdakwa,” ujar jaksa Abdul Basir saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Menurut jaksa, sesuai ketentuan perundangan, pemohon justice collaborator haruslah seorang pelaku tindak pidana yang mengakui perbuatan dan memberikan keterangan signifikan untuk mengungkap pelaku lain yang lebih besar.

Baca juga: Setnov Akui Masih Punya Harapan Hakim Kabulkan Justice Collaborator

Meski demikian, keterangan yang disampaikan terdakwa akan digunakan sebagai pertimbangan yang komprehensif, sehingga memberikan tuntutan pidana yang adil.

Novanto sebelumnya mengajukan permohonan sebagai justice collaborator pada 10 Januari 2018. Mantan Ketua DPR itu dituntut 16 tahun penjara oleh jaksa. Novanto juga dituntut membayar denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Wali Kota Tegal Dijatuhi Hukuman 5 Tahun Penjara

Wali Kota Tegal Dijatuhi Hukuman 5 Tahun Penjara

Jakarta – Wali Kota Tegal nonaktif Siti Masitha Soeparno divonis 5 tahun penjara atas kasus ...