Home > Olahraga > Balap > Livio Suppo Ungkapkan Dua Faktor Penting Dalam MotoGP

Livio Suppo Ungkapkan Dua Faktor Penting Dalam MotoGP

Aalst – Bukan rahasia lagi bahwa untuk bisa menjadi juara dalam gelaran MotoGP, maka dibutuhkan dua faktor yang sangat penting, yakni kualitas motor balap yang dimiliki sebuah tim dan kemampuan pembalap yang menungganginya. Kendati begitu, mantan Manajer Tim Honda, Livio Suppo, membeberkan bahwa ada faktor tambahan yang berpengaruh cukup besar juga.

Livio Suppo Ungkapkan Dua Faktor Penting Dalam MotoGP

Suppo tidak mengelakkan bahwa kualitas motor dan kemampuan pembalap sangat dibutuhkan untuk bisa memenangkan balapan dan bahkan menjadi juara dunia. Namun, Suppo mengingatkan kepada tim-tim yang berlaga bahwa para pembalap merupakan manusia yang memiliki perasaan.

Maka dari itu, Suppo menjelaskan kalau tim tidak bisa berlaku semena-mena terhadap pembalapnya, utamanya para pembalap yang memiliki kualitas bagus. Dalam hal ini, Suppo justru memandang kalau pembalap memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding tim tersebut. Bahkan ia menyebut kalau justru timlah yang bergantung kepada pembalap, bukan sebaliknya.

Maklum saja, pasalnya di atas lintasan, pembalap merupakan sosok yang menjadi pertaruhan sebuah tim. Sebagus apa pun mesin motor yang tim tersebut miliki, kalau pembalapnya tidak tampil sepenuh hati membela tim yang dibelanya, maka kemampuan motor tidak akan keluar sepenuhnya.

“Di dalam MotoGP, para produser adalah budak para pembalap papan atas. Pembalap membuat sebuha perbedaan yang besar. Jika Anda memiliki pembalap yang tepat, Anda harus memastikan mereka selalu bahagia di tim Anda. Jadi, mereka akan melakukan pekerjaan terbaik. Tanpa pembalap yang bagus, mustahil mendapatkan hasil terbaik,” ungkap Suppo sebagaimana diberitakan Tutto Motori Web pada Jumat (30/3/2018).

“Dia spesial. Keunggulan terbesar Marc adalah karekternya. Dia selalu positif dan aktif. Marc tidak pernah complain lebih dari beberapa menit karena dia memiliki semacam sifat positif. Dia bukan karakter yang sulit, meskipun dia muda, sukses, dan kaya,” pungkas Suppo. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Vinales Sangat Yakin Bisa Tampil Apik di MotoGP Jerman 2018

Vinales Sangat Yakin Bisa Tampil Apik di MotoGP Jerman 2018

Lesmo – Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, mengaku lebih termotivasi dari sebelumnya untuk mendapatkan poin ...