Home > Ragam Berita > Nasional > Diklaim Hanafi Rais, Bank Dunia Menampik Terbitkan Data Tanah

Diklaim Hanafi Rais, Bank Dunia Menampik Terbitkan Data Tanah

Jakarta – Disangkutpautkan perihal adanya campurtangan mengenai status penguasaan lahan di Indonesia oleh Hanafi Rais akhirnya memutuskan Bank Dunia angkat suara dan membantah tuduhan tersebut.

Diklaim Hanafi Rais, Bank Dunia Menampik Terbitkan Data Tanah

Rodrigo A Chaves selaku Country Director World Bank for Indonesia berkata bahwa “World Bank tidak pernah menerbitkan laporan seperti itu. Sangat jelas saya katakan bahwa itu tidak benar,”

Akan tetapi dirinya juga menilai bahwa Presiden Joko Widodo telah melakukan program reformasi pertanahan yang cukup ambisius. Jokowi menargetkan bagi-bagikan 7,5 juta sertifikat tanah.

“Tapi itu sangat bagus untuk menormalisasikan kepemilikan tanah. Tapi ingat kalau 74% tanah itu juga sebagian besar masih dikelola oleh pemerintah. Saya tidak mengerti mengapa orang membuat isu politik seperti itu,” imbuhnya.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN sekaligus putra Amien Rais, Hanafi Rais, menanggapi pernyataan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan soal berkelahi data. Hanafi bicara soal sertifikasi tanah. Dia mengatakan apa yang disampaikan Amien Rais soal tanah merujuk pada data Bank Dunia.

“74 Persen tanah negara dikuasai segelintir orang itu itu adalah laporan bank dunia tahun 2015. Itu kan ada datanya, jangan dibantah,” kata Hanafi di kompleks parlemen beberapa hari lalu.

(Ikhsan Djuhandar – hariaindo.com)

x

Check Also

Ketum PPP Menyebut Sandiaga Buka Peluang Prabowo Jadi Cawapres Jokowi

Ketum PPP Menyebut Sandiaga Buka Peluang Prabowo Jadi Cawapres Jokowi

Jakarta – M Romahurmuziy selaku Ketua Umum PPP beberkan hasil pertemuannya dengan Wakil Ketua Dewan ...