Home > Gaya Hidup > Tips > Wow, Mewarnai Ternyata Sangat Ampuh untuk Atasi Stres

Wow, Mewarnai Ternyata Sangat Ampuh untuk Atasi Stres

Jakarta – Johanna Basford, seorang illustrator dari Inggris, menciptakan sebuah buku mewarnai yang dapat digunakan sebagai salah satu media untuk menghilangkan stress.

Wow, Mewarnai Ternyata Sangat Ampuh untuk Atasi Stres

ilustrasi

Colouring Books For Adults karya Johanna Basford menjadi buku paling laris di amazon.com. Secret Garden dan Enchanted Forest yang berisi karya-karya ilustrasinya menempati penjualan buku online nomor satu amazon.com. Lebih dari 1 juta kopi terjual dan telah diterjemahkan dalam 14 bahasa.

Dalam ilmu psikologi, mewarnai memang salah satu metode penghilang stress. Psikiater Carl Jung melakukan terapi pada pasiennya dengan cara mewarnai ini. Saat mewarnai, tingkat kecemasan pasien berkurang karena pikiran mereka terpusat sehingga mempengaruhi amigdala, bagian dari otak yang berhubungan dengan rasa takut kita. Psikolog Beverly Cort menambahkan bahwa buku mewarnai khusus untuk orang dewasa ini juga berguna bagi orang-orang dengan demensia dan alzheimer. Luar biasa ya, selain membaca dapat menghilangkan stress, mewarnai juga!

Mengapa buku mewarnai yang diperuntukkan khusus bagi orang dewasa ini begitu populer? Michal Ann Strahilevitz, seorang peneliti perilaku ekonomi mengungkapkan lima alasan mengapa buku tersebut menjadi tren dunia. Yuk kita simak!

Pertama, mewarnai itu menyenangkan! Setiap orang dewasa memiliki sisi kanak-kanak yang nalurinya selalu ingin bermain. Buku mewarnai sangat cocok untuk memenuhi naluri tersebut.

Kedua, unsur nostalgia. Saat mewarnai, orang dewasa akan teringat masa kecilnya yang bahagia.

Ketiga, relaksasi. Bagi orang dewasa, ada banyak hal dalam hidup yang terasa sulit untuk dilalui. Mereka membutuhkan sesuatu yang dapat membuat diri santai sehingga mampu berpikir dengan tenang. Mewarnai adalah salah satu metode untuk bersantai.

Keempat, buku mewarnai mewujudkan keinginan orang dewasa untuk menjadi kreatif. Pengguna buku ini dapat bermain-main dengan warna dan mengembangkan kreativitas penggunanya.

Kelima, kekuatan marketing. Melalui sosial media, penjualan berbagai macam produk menjadi mudah. Orang-orang yang telah mewarnai biasanya mengunggah hasilnya ke instagram atau media sosial lainnya sehingga orang lain tertarik untuk turut mencobanya juga.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hati-hati, Diabetes Bisa Bertambah Parah karena Depresi

Hati-hati, Diabetes Bisa Bertambah Parah karena Depresi

Jakarta – Pasien diabetes rentan terhadap stres, yang apabila tidak diatasi bisa berlanjut menjadi depresi. ...