Home > Gaya Hidup > Awas! Minuman Bersoda Bisa Mengakibatkan Lima Penyakit Berbahaya Ini

Awas! Minuman Bersoda Bisa Mengakibatkan Lima Penyakit Berbahaya Ini

Jakarta – Minuman bersoda merupakan minuman yang telah diinfuskan dengan karbon dioksida di bawah tekanan, atau telah mengalami karbonasi.

Awas! Minuman Bersoda Bisa Mengakibatkan Lima Hal Berbahaya Ini

Lebih dari setengah penduduk dunia menyukai minuman bersoda, yang disajikan dalam berbagai macam bentuk dan campuran.

Minuman soda sebenarnya tidak begitu berbahaya bagi tubuh karena keasaman dinetralisir oleh air liur di mulut. Namum campuran gula, pemanis buatan, dan perasa buatan didalamnya yang membuat minuman ini menjadi berbahaya bila terlalu sering dikonsumsi.

Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan bila terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda adalah Aterosklerosis, penyempitan arteri sehingga mengurangi aliran oksigen ke seluruh tubuh, terutana jantung.

Kondisi ini bisa menyebabkan serangan jantung, irama detak jantung yang tidak stabil, hingga gagal jantung.

Selain penyakit jantung, mengkonsumsi minuman bersoda yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti di bawah ini:

1. Memburuknya Kualitas Sperma
Mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH dan kadar glikemik dalam tubuh. Pada pria, keadaan ini bisa mengurangi motilitas sperma.

2. Obesitas
Gula yang terkandung di dalam minuman bersoda akan tertumpuk sebagai lemak sehingga mengakibatkan obesitas.

3. Osteoporosis
Minuman bersoda menyebabkan penyerapan kalsium menjadi terganggu sehingga tulang menjadi rapuh.

4. Pembusukan Gigi
Gula yang terkandung pada minuman bersoda bila bereaksi dengan bakteri yang berada di dalam mulut akan menyerang enamel gigi. Bila ini terjadi secara terus-menerus maka gigi akan menjadi berlubang dan busuk.

5. Diabetes
Diabetes (tipe 2) adalah penyakit yang paling umum yang dapat terjadi bila terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda yang tinggi kadar gulanya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135