Home > Ragam Berita > Nasional > Tuai Kontroversi, Sukmawati Berikan Klarifikasi Terkait Puisinya

Tuai Kontroversi, Sukmawati Berikan Klarifikasi Terkait Puisinya

Jakarta – Puisi berjudul Ibu Indonesia karya Sukmawati Soekarnoputri telah menuai kontroversi di kalangan masyarakat. Puisi yang dibacakan dalam acara pagelaran 29 tahun Anne Avantie itu dinilai telah menghina Agama Islam. Pasalnya dalam puisi tersebut terdapat kata-kata membandingkan cadar dengan konde dan juga kidung dengan adzan.

Tuai Kontroversi, Sukmawati Berikan Klarifikasi Terkait Puisinya

Tuai Kontroversi, Sukmawati Berikan Klarifikasi Terkait Puisinya

Mengklarifikasi hal itu, putri dari Presiden Pertama RI Soekarno itu mengatakan bahwa dirinya tidak berniat untuk menghina Umat Islam Indonesia. Dia mengaku sebagai seorang muslimah yang bersyukur dan bangga akan keislamannya.

“Puisi ‘Ibu Indonesia’ yang saya bacakan sesuai dengan tema acara pergelaran busana yakni Cultural Identity, yang semata mata adalah pandangan saya sebagai seniman, budayawati dan murni karya sastra Indonesia,” kata Sukmawati saat memberi klarifikasi di Warung Daun, Cikini, Rabu (04/04/2018).

Baca juga : PA 212 Bakal Gelar Aksi Bela Islam Sebagai Reaksi Puisi Sukmawati

“Saya adalah putri seorang Proklamator, Bung Karno, yang dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah dan juga tokoh yang mendapatkan gelar NU sebagai Waliyul Amri Ad Dharuri Bi As Syaukah,” sambungnya.

Lebih lanjut Sukmawati menjelaskan bahwa puisi yang berjudul Ibu Indonesia itu merupakan puisi yang ditulis dari buku kumpulan puisi Ibu Indonesia yang terbit 2006. Puisi tersebut ditulis sebagai refleksidari keprihatinannya tentang rasa wawasan kebangsaan dan dirangkum untuk menarik perhatian anak-anak bangsa untuk tidak melupakan jati diri.

“Namun karena karya ini telah memantik kontroversi di berbagai kalangan, baik pro dan kontra, dengan ini saya Mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam Indonesia, khususnya bagi yang merasa tersinggung dan keberatan dengan puisi tersebut,” ucap Sukmawati sambil terisak.
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

PA 212 Belum Menyatakan Sikap Terkait Pasangan Prabowo – Sandiaga Uno

PA 212 Belum Menyatakan Sikap Terkait Pasangan Prabowo – Sandiaga Uno

Jakarta – Hingga saat ini, Presidium Alumni (PA) 212 belum meyatakan sikap terhadap pasangan capres ...