Home > Ragam Berita > Nasional > Puisi ‘Ibu Indonesia’ Diambil Sukmawati Soekarnoputri dari Dunia Fashion

Puisi ‘Ibu Indonesia’ Diambil Sukmawati Soekarnoputri dari Dunia Fashion

Jakarta – Nama Sukmawati Soekarnoputri menjadi bahan perbincangan terkait isi puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ yang ia bacakan di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018.

Puisi ‘Ibu Indonesia’ Diambil Sukmawati Soekarnoputri dari Dunia Fashion

Beberapa pihak mempermasalahkan soal sejumlah kata yang terdapat di dalam puisi tersebut, seperti cadar, syariat Islam, dan suara azan, yang dinilai menyinggung perasaan umat Islam.

Sukmawati Soekarnoputri mengaku isi puisi tersebut terinspirasi dari pengamatannya di dunia fashion selama ini.

“Saya ini kan budayawati. Jadi dalam pengamatan saya di dunia fashion, cadar itu bukan dari Indonesia. Itu adalah budaya Timur Tengah,” ujar Sukmawati saat dihubungi, Senin (2/4/2018) lalu.

“Sedangkan topik dari Indonesia Fashion Week itu adalah cultural identity. Jadi identitas kebudayaan itu kan jelas, di puisi saya seirama. Bahwa ada identitas yang saya kisahkan dalam kata-kata berpuisi itu,” imbuhnya.

Terkait pelaporan terhadap dirinya, Sukmawati tidak mempermasalahkannya karena ia merasa dirinya adalah warga negara Indonesia yang bangga dengan Bhinneka Tunggal Ika.

“Ya nggak apa-apa. Kalau saya sih jujur-jujur saja. Ibu Indonesia. Saya memang warga negara Indonesia. Saya sangat bangga dengan keindonesiaan saya. Saya sangat Bhinneka Tunggal Ika,” tandas Sukmawati.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua MUI Sebut Sah-Sah Saja Gerakan #2019GantiPresiden

Ketua MUI Sebut Sah-Sah Saja Gerakan #2019GantiPresiden

Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin menyebutkan bahwa sah-sah saja masyarakat melakukan ...