Home > Ragam Berita > Nasional > Tanggapi Puisi Sukmawati, Eggi Sudjana : “Ahok Juga Minta Maaf, Tapi Proses Hukum Jalan Terus”

Tanggapi Puisi Sukmawati, Eggi Sudjana : “Ahok Juga Minta Maaf, Tapi Proses Hukum Jalan Terus”

Jakarta – Eggi Sudjana ikut komentari kasus Sukmawati dengan menyamakannya dengan perkara penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI Jakarta.

Tanggapi Puisi Sukmawati, Eggi Sudjana : "Ahok Juga Minta Maaf, Tapi Proses Hukum Jalan Terus"

Dirinya mengatakan bahwa walaupun kala itu permintaan maaf Ahok diterima, namun tetap tak menggugurkan proses hukum atas kasusnya. Begitu pula permohonan maaf Sukmawati atas puisinya yang dianggap menyinggung umat Islam, tak otomatis membatalkan proses hukum.

Saat diwawancara pihak tvOne, dirinya berkata bahwa “Karena dalam pemikiran hukum itu sudah ada yurisprudensi, seperti kasus Ahok kemarin. Ahok juga minta maaf, tapi proses hukum jalan terus. Jangan sampai berkesan bahwa Ahok sudah minta maaf tapi hukum sudah berjalan, tapi Sukmawati diberhentikan,”

Dirinya kemudian menilai bahwa berdasarkan Undang-Undang Dasar setiap warga negara memiliki kesamaan kedudukan dalam pemerintahan dan hukum tanpa terkecuali. Ia menegaskan semua pihak yang melakukan penistaan agama perlu proses sama tanpa perbedaan.

“Sukmawati tidak berpikir dalam menulis puisi Ibu Indonesia, dia menyamakan nilai budaya dan agama yang jauh berbeda, dalam filsafat ilmu ini penyimpangan serius. Ini bisa jadi pembelajaran agar tidak ada lagi kasus penodaan agama,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

DPRD DKI Ancam Oknum Lurah Yang Kepergok Lakukan Pungli

DPRD DKI Ancam Oknum Lurah Yang Kepergok Lakukan Pungli

Jakarta – Operasi tangkap tangan (OTT) bakal segera digelar oleh DPRD DKI Jakarta, guna menyelidiki ...