Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Berharap Kasus Pusisi Sukmawati Diselesaikan secara Damai

MUI Berharap Kasus Pusisi Sukmawati Diselesaikan secara Damai

Jakarta – Puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarnoputri di acara Indonesia Fashion Week 2018 di Jakarta pekan lalu telah menimbulkan kontroversi dan kecaman dari sebagian kalangan umat Islam.

MUI Berharap Kasus Pusisi Sukmawati Diselesaikan secara Damai

Sukmawati sendiri sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada umat Islam dalam konferensi pers yang diadakan pada Rabu (4/4/2018). Kemarin Kamis, Sukmawati juga sudah menemui Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid, mengatakan, Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin, memang tidak tidak pernah memerintahkan untuk mencabut pengaduan masyarakat terkait kasus puisi Sukmawati tersebut.

Namun, dia mengatakan, Kiai Ma’ruf hanya berharap atau mengimbau jika mungkin tidak perlu melanjutkan proses hukum atas kasus itu. Melainkan, dicarikan solusi yang lebih maslahat, baik itu melalui musyawarah maupun dialog. Hal itu menurutnya, demi menjaga persatuan dan kedamaian, serta agar tidak menimbulkan huru-hara dan konflik.

Zainut mengatakan, Sukmawati sudah memberikan klarifikasi terkait puisi yang dibacakannya. Karena ada beberapa diksi atau pilihan kata yang menimbulkan kontroversi dan multi-interpretasi di masyarakat. Kepada MUI, Sukmawati mengatakan tidak memiliki sedikit pun niat untuk menghina atau menistakan agama Islam.

Baca juga: Polri Tegaskan Bakal Selidiki Kasus Puisi Sukmawati secara Profesional

“Kiai Ma’ruf sebagai pimpinan agama, sesuai ajaran Islam, jika ada yang meminta maaf harus dima’afkan. Dia sudah ada niat baik, meskipun kita tidak tahu persoalan isi hatinya. Jadi kewajiban kita mema’afkan. Jadi semangatnya ingin menyelesaikan dengan cara musyawarah supaya tidak timbul kegaduhan,” kata Zainut pada Jumat (6/4/2018).

Zainut mengatakan, MUI mempersilakan proses hukum jika itu yang dikehendaki oleh pihak pelapor. Namun demikian, MUI mengimbau agar masalah terkait puisi Sukmawati bisa diselesaikan dengan musyawarah. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Beberkan Beberapa Faktor Kepala Daerah Terlibat Kasus KorupsiKPK Beberkan Beberapa Faktor Kepala Daerah Terlibat Kasus Korupsi

KPK Beberkan Beberapa Faktor Kepala Daerah Terlibat Kasus Korupsi

Jakarta – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah mengatakan salah satu penyebab maraknya kasus ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135