Home > Gaya Hidup > Tips > Awas, Beberapa Hal Ini Merupakan Gejala Gagal Ginjal

Awas, Beberapa Hal Ini Merupakan Gejala Gagal Ginjal

Jakarta – Salah satu penyakit yang tidak banyak disadari gejalanya adalah gagal ginjal. Karenanya, penyakit gagal ginjal sering terlambat ditangani.

Awas, Beberapa Hal Ini Merupakan Gejala Gagal Ginjal

Mendeteksi dini gejala akan membantu mendiagnosis penyakit gagal ginjal lebih awal. Hal ini akan menghindari komplikasi yang mungkin timbul dari gagal ginjal.

Berikut gejala-gejala gagal ginjal yang perlu Anda sadari:

1. Kulit gatal dan ruam
Saat penimbunan racun di tubuh meningkat, akumulasi ini bisa mengubah kualitas kulit Anda. Kulit akan menjadi kering dengan ruam di mana-mana.

2. Mual dan muntah
Kelebihan racun dalam darah bisa membuat Anda merasa mual. Hal ini mungkin membuat Anda ingin mengeluarkan akumulasi racun melalui muntah. Hal ini terjadi selama stadium lanjut gagal ginjal.

3. Sering buang air kecil
Anda mungkin memiliki perasaan ingin buang air kecil lebih dari biasanya, terutama di malam hari. Ini adalah tanda penyakit ginjal atau gagal ginjal yang mendasarinya.

4. Darah dalam urine
Biasanya, ginjal menyaring darah dan kotoran dari tubuh. Tapi, ketika ginjal gagal berfungsi dengan baik, sel darah mengalir ke air kencing. Karenanya, darah bisa ditemukan di urine. Inilah salah satu gejala utama gagal ginjal.

5. Kelelahan dan kekurangan energi
Jika Anda selalu merasa lelah, letih dan kekurangan energi, sudah saatnya memeriksakan diri. Gagal ginjal berarti penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Terkadang, hal itu juga bisa menyebabkan anemia, sehingga Anda merasa kekurangan energi.

6. Kram otot
Penumpukan racun bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kram otot. Hal ini juga terjadi bila kadar kalsium dan fosfor rendah dalam tubuh.
7. Mata membengkak
Salah satu indikator gagal ginjal adalah adanya protein dalam urine. Semakin banyak protein yang terkuras dari tubuh ke dalam urine, maka semakin besar kemungkinan mata Anda membengkak.

8. Urine bergelembung
Gelembung berlebihan dalam urine adalah indikator terlalu banyak protein di sana. Terlalu banyak protein dalam urine adalah gejala utama penyakit ginjal.

9. Tangan dan kaki bengkak
Bila ginjal mulai tidak berfungsi, lebih banyak sodium akan disimpan di dalam tubuh. Karenanya, hal ini akan menyebabkan pembengkakan tangan dan kaki.

10. Menurunnya nafsu makan
Penumpukan racun secara berkala di tubuh adalah alasan mengapa nafsu makan Anda menurun. Karena ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, toksin tidak akan bisa mengalir dengan baik, karenanya mengurangi nafsu makan Anda.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Beberapa Penyakit Ini Bisa Timbul karena Gigi yang Tidak Sehat

Beberapa Penyakit Ini Bisa Timbul karena Gigi yang Tidak Sehat

Jakarta – Menjaga kesehatan gigi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135