Home > Ragam Berita > Nasional > Tulis Status Azan Tidak Suci, Dosen UI Ini Dilaporkan ke Polisi

Tulis Status Azan Tidak Suci, Dosen UI Ini Dilaporkan ke Polisi

Jakarta – Pengacara Denny Andrian Kusdayat kembali mendatangi Polda Metro Jaya hari ini, kali ini melaporkan dosen Universitas Indonesia Ade Armando atas dugaan penistaan agama.

Tulis Status Azan Tidak Suci, Dosen UI Ini Dilaporkan ke Polisi

Ade Armando

“Hari ini saya laporkan Ade Armando karena dia menuliskan status bahwa azan tidak suci,” ujar Denny di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (11/4/2018).

Unggahan Ade Armando yang dipersoalkan itu berbunyi “Azan tidak suci, azan itu cuma panggilan sholat. Sering tidak merdu. Jadi, biasa-biasa sajalah”. Ade mengunggah status tersebut di akun Facebooknya baru-baru ini.

“Ini apa maksudnya? Azan bukan hanya ‘cuma’, di sana ada lafaz Allah,” Denny menegaskan. Dalam pelaporannya hari ini, Denny membawa barang bukti berupa beberapa lembar kertas screencapture berisi unggahan status Ade Armando.

Ini merupakan pelaporan ketiga terhadap Ade Armando. Sebelumnya, dia dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh salah seorang murid pengajian Rizieq Shihab, Ratih Puspa Nusanti pada 28 Desember 2017. Ratih juga melaporkan Ade atas unggahan foto berisi para ulama mengenakan atribut Natal. Laporan itu tertuang dalam surat bernomor LP/1442/XII/2017/Bareskrim dengan dugaan tindak pidana ujaran kebencian terkait SARA.

Baca juga: PDIP Nilai Langkah Prabowo Subianto Maju di Pilpres 2019 Sangat Bagus

Keesokannya, FPI ikut melaporkan Ade ke Polda Metro Jaya. Facebook dianggap dapat memicu konflik antarumat beragama. Laporan FPI tersebut diterima tertanggal 29 Desember 2017. Ade kembali disangkakan melanggar Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45a ayat 2 UU ITE.

Selain melaporkan Ade, baik FPI maupun LBH Bang Japar juga berencana melapor kepada rektorat Universitas Indonesia untuk memberhentikan Ade Armando. Keduanya menganggap dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tersebut tidak pantas menyandang jabatannya usai perbuatannya itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Relawan Buruh Ingin Pastikan Kemenangan Jokowi-Ma'ruf

Relawan Buruh Ingin Pastikan Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

Jakarta – Ketua Relawan Buruh Sahabat Jokowi Andi Gani Nena Wea mengaku ia merasa sangat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135