Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Tegaskan Tidak Akan Terbang Pilih Dalam Penanganan Kasus Boediono

KPK Tegaskan Tidak Akan Terbang Pilih Dalam Penanganan Kasus Boediono

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Saut Situmorang, memastikan pihaknya tidak akan tebang pilih dalam penanganan kasus korupsi. Ia memastikan bila lembaganya mematuhi putusan praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengenai penanganan kasus korupsi pemberian FPJP Bank Century serta penetapan Century sebagai bank gagal berdampak sistemik .

KPK Tegaskan Tidak Akan Terbang Pilih Dalam Penanganan Kasus Boediono

“Sejak kasus Budi Mulya putus KPK tidak pernah berhenti mendalami terus perkara ini. Jadi tanpa putusan maupun tuntutan siapa pun, KPK masih tidak dalam posisi menutup kasusnya,” kata Saut kepada wartawan, Rabu (11/4/2018).

Pernyataan Saut ini sekaligus menepis tanggapan miring keberadaan Deputi Penindakan KPK, Brigjen Pol Firli yang sebelumnya menjabat sebagai ajudan Wapres Boediono.

Saut memastikan, pihaknya tetap profesional, meskipun Firli pernah mengawal Boediono. Apalagi, menurut Saut, pihaknya sudah memahami kontruksi kasus Century. “Penyidik dan penuntut yang faham konstruksi kasusnya seperti apa, siapa berperan apa, kick back-nya seperti apa (kalau ada) dan seterusnya,” kata Saut.

Baca juga: Prabowo Subianto Tegaskan Siap Hadapi Persaingan di Pilpres 2019

Meski begitu, Saut menyadari dalam menangani suatu perkara memerlukan kehati-hatian dan waktu yang tidak cepat. Apalagi sampai menetapkan seseorang tersangka. “Itu perlu waktu, bila tak ada juga itu putusan sebelumnya ya tinggal dikembangkan lagi dipelajari lebih lanjut seperti apa,” ujar Saut.

Sebagaimana Diketahui, dalam perkara Century, KPK baru menyeret bekas Deputi Gubernur Bank Indonesia, Budi Mulya ke penjara. Meski nama-nama besar mencuat dalam kasus korupsi pemberian FPJP Bank Century dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik di dalam persidangan, KPK belum juga menjerat pihak lain sampai saat ini. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Moeldoko: Dosen Asing Bakal Didatangkan untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Moeldoko: Dosen Asing Bakal Didatangkan untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan rencana mendatangkan dosen asing untuk peningkatan kualitas pendidikan ...