Home > Ragam Berita > Nasional > PGI Nilai Pernyataan Rocky Gerung Soal Kitab Suci Itu Fiksi Bukan Menistakan Agama

PGI Nilai Pernyataan Rocky Gerung Soal Kitab Suci Itu Fiksi Bukan Menistakan Agama

Jakarta – Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) menilai pernyataan dosen Universitas Indonesia, Rocky Gerung, yang menyebutkan bahwa Kitab suci termasuk fiksi hanyalah masalah perbedaan penafsiran saja, bukan merupakan penistaan agama.

PGI Nilai Pernyataan Rocky Gerung Soal Kitab Suci Itu Fiksi Bukan Menistakan Agama

“Kami melihat, tidak ada unsur penistaan dalam pernyataan Rocky Gerung itu. Dia kan menjelaskan, saya nggak nonton acaranya, saya hanya nonton lewat video yang diviralkan oleh banyak teman, dan menurut saya tidak ada unsur penistaan agama ya. Melihat bagaimana dia menjelaskan perbedaan dua kata itu,” kata Kepala Humas PGI Jeirry Sumampow, saat dihubungi, Kamis (12/4/2018).

Menurut penjelasan Jeirry, dalam ajaran Kristen, penafsiran Alkitab tidak hanya berdasarkan perspektif sejarah saja.

“Kalau kita lihat, (Rocky Gerung) nggak ada niat untuk menistakan kitab suci agama-agama. Dia melihat itu dari perspektif keilmuan. Sementara, sejak lama kita tahu kalau dalam sejarah Kekristenan, tradisi tafsir itu sudah sangat panjang dan melalui perdebatan ilmiah, rasional, dan objektif itu mewarnai perjalanan Kekristenan berkaitan dengan tafsir kitab suci,” papar Jeirry.

“Jadi menurut kami, saya nggak melihat ada unsur penistaan di sana. Memang beda-beda ya agama satu dengan yang lain (dalam) memahami kitab sucinya itu berbeda,” imbuh Jeirry.

Seperti diketahui, dalam acara di stasiun televisi swasta belum lama ini, Rocky Gerung yang menjadi salah seorang pembicara menerangkan bahwa kata ‘fiksi’ telah disalahartikan menjadi sesuatu yang fiktif.

Padahal menurutnya, fiksi itu baik karena merupakan energi yang mengaktifkan imajinasi.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Mendapat Dukungan Dari DPD Partai Demokrat Jawa Timur

Jokowi Mendapat Dukungan Dari DPD Partai Demokrat Jawa Timur

Surabaya – Baru-baru ini, Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur memberikan mendukung Joko Widodo ...