Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Pemerintah Tetapkan Lima Nama Makanan Nasional Indonesia, Apa Saja?

Pemerintah Tetapkan Lima Nama Makanan Nasional Indonesia, Apa Saja?

Jakarta – Salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi suatu tempat adalah kuliner atau makanan khasnya.

Pemerintah Tetapkan Lima Nama Makanan Nasional Indonesia, Apa Saja?

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, sekitar 30-40 persen pengeluaran rata-rata wisatawan digunakan untuk mencoba kuliner khas Indonesia.

“Motivasi orang untuk bepergian salah satunya itu kuliner. Biasanya kalau datang ke suatu daerah kemungkinan besar yang dicari juga kulinernya. Pengeluaran orang (wisatawan) untuk kuliner itu hingga 40 persen,” ujar Arief saat ditemui di Kementrian Pariwisata, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Oleh karena itu, Kementrian Pariwisata sendiri telah menetapkan ada lima makanan nasional Indonesia berdasarkan Forum Group Discussion (FGD) komunitas kuliner. Apa saja lima makanan tersebut?

1. Rendang
Makanan yang pernah menyabet gelar makanan terenak di dunia versi CNN ini memiliki kompleksitas bumbu dan keseimbangan rasa sehingga membuat makanan khas daerah Minang ini terkenal hingga ke mancanegara.

2. Soto
Yang unik dari soto ini, di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dalam hal rasa dan bahan untuk membuat soto.

3. Nasi Goreng
Nasi goreng juga menjadi salah satu makanan khas yang terkenal hingga ke luar negeri. Di Indonesia sendiri, nasi goreng amat mudah ditemui di perkotaan maupun di desa.

4. Gado-Gado
Makanan yang terdiri dari campuran sayur yang disiram dengan bumbu kacang ini dikenal turis mancanegara dengan nama Indonesian Salad.

5. Sate
Pada dasarnya sate merupakan potongan daging yang ditusuk, kemudian diberi bumbu. Beda daerah, beda lagi jenis satenya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Ternyata Biaya Makan Para Atlet Asian Games Mencapai Miliaran Rupiah per Hari

Wow, Ternyata Biaya Makan Para Atlet Asian Games Mencapai Miliaran Rupiah per Hari

Jakarta – Pada tahun ini, Jakarta dan Palembang menjadi tuan rumah ajang pesta olahraga tingkat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135