Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Tegaskan Proses Hukum Terhadap Kasus Korupsi Bank Century Tetap Berlanjut

KPK Tegaskan Proses Hukum Terhadap Kasus Korupsi Bank Century Tetap Berlanjut

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menegaskan bahwa proses hukum terhadap kasus dugaan korupsi Bank Century tidak berhenti. KPK saat ini tengah melakukan analisis terhadap putusan yang telah berkekuatan hukum tetap terkait perkara tersebut.

KPK Tegaskan Proses Hukum Terhadap Kasus Korupsi Bank Century Tetap Berlanjut

“Proses yang dilakukan saat ini bukan pulbaket (pengumpulan bahan keterangan), bukan penyelidikan. Karena yang kita lakukan adalah analisis terhadap seluruh putusan yang berkekuatan hukum tetap,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah pada Sabtu (14/4/2018).

Febri mengatakan untuk melakukan analisis diperlukan langkah yang bertahap. “Saya juga sudah nanya tim (sedang) terus mendalami hal tersebut. Dan tentu dimintakan progress lebih lanjut bagaimana di JPU. Ini rangkainan proses analisa yang sudah kita lakukan sebelumnya. Karena ketika putusan berkekuatan hukum tetap kemudian JPU membuat analisa dan membuat rekomendasi pada pimpinan,” ujar Febri.

Mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) ini menjelaskan lamanya proses analisis terhadap kasus yang telah menjerat Budi Mulya tersebut lantaran diperlukan kehati-hatian. Belum lagi, dicari pihak-pihak yang diduga mendapat keuntungan dari kasus tersebut.

“Dan ada bagian-bagian yang diperdalam agar kita menangani kasus ini dengan hati-hati. Kita perlu ingat dalam kasus Century tersebut, dalam aset recovery kita harus lihat siapa yang diperkaya,” katanya.

“Misal bank Century, nah apa proses lebih lanjutnya? Apa proses orang perorang atau hal-hal yang lain? Jadi cukup banyak aspek-aspek subtansi yang perlu dianalisis lebih lanjut dari putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap,” jelas Febri. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Teroris Juga Ikut Soroti Pengakuan Prabowo Yang Miliki Ratusan Ribu Hektar Lahan

Pengamat Teroris Juga Ikut Soroti Pengakuan Prabowo Yang Miliki Ratusan Ribu Hektar Lahan

Jakarta – Pengamat Teroris di Asia Tenggara, Sidney Jones, juga ikut mengomentari terkait pengakuan calon ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135