Home > Ragam Berita > Nasional > Rommahurmuziy Ungkap Alasan Keinginan Jokowi Gandeng Prabowo di Pilpres 2019

Rommahurmuziy Ungkap Alasan Keinginan Jokowi Gandeng Prabowo di Pilpres 2019

Jakarta – Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Joko Widodo (Jokowi) memiliki gagasan untuk menggandeng Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) mendatang.

Rommahurmuziy Ungkap Alasan Keinginan Jokowi Gandeng Prabowo di Pilpres 2019

Rommahurmuziy Ungkap Alasan Keinginan Jokowi Gandeng Prabowo di Pilpres 2019

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy. Menurut pria yang akrab disapa Romi, gagasan tersebut muncul sebab Jokowi ingin menjaga keutuhan NKRI yang selama ini masih terjalin dengan baik.

Romi mengatakan Jokowi juga berkaca dari pengalaman Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu yang dipenuhi sikap intoleran berujung konflik saat menawari Prabowo sebagai cawapres.

“Demi NKRI. Beliau menyampaikan bayangkan gaduhnya republik ini. DKI Jakarta saja yang 1 provinsi luar biasa gaung perbedaannya. Kemudian intoleransi meningkat dengan simpul-simpul agama,” kata Romi saat Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama PPP di Hotel Patrajasa, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (13/04/2018).

Baca juga : Hanya Ketua Umum PPP Yang Setuju Ide Jokowi Gaet Prabowo Sebagai Cawapres

Lebih lanjut Romi menjelaskan bahwa nantinya dalam ajang Pemilu Serentak 2019 akan diikuti sebanyak sekitar 32 ribu calon legislatif dan mengampanyekan Jokowi atau Prabowo, maka potensi perpecahan bukan tidak mungkin akan lebih besar.

“Akan ada 320.000 caleg yang masing-masing mengkampanyekan hanya 2 kutub, Jokowi atau Prabowo. Bisa dibayangkan betapa dahsyatnya. Dan itu tak terjadi pada Pilpres 2014 karena pileg duluan,” tegasnya.

Namun sayangnya gagasan tersebut saat ini masih terganjal restu dari seluruh Ketua Umum Partai Koalisi yang sudah mendeklarasikan dukungannya untuk Jokowi. Selain itu, hanya sekitar 10 persen relawan yang setuju bila mantan Gubernur DKI Jakarta itu bersanding dengan Prabowo di Pilpres 2019.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Pengamat Menilai Prabowo-Sandi Harus Antisipasi Isu Mahar Politik

Jakarta – Salah seorang Pengamat politik, Maksimus Ramses Lalongkoe baru-baru ini memberikan prediksinya terkait sejumlah ...