Jakarta – Partai Demokrat diketahui masih menginginkan sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto. Oleh sebab itu, Demokrat kini masih terus menjajaki kemungkinan dibentuknya poros baru.

Masih Ada Kemungkinan AHY Maju Dalam Pilpres 2019 Mendatang

“Kemungkinan bisa saja terjadi, membentuk poros ketiga atau masuk ke salah satu poros. Yang ada baru dukungan saja. Kami yakini Partai Demokrat masih punya waktu menentukan sikap mana yang terbaik,” kata Agus di gedung DPR, Jakarta, Rabu, (18/4/2018).

Agus menilai bahwa AHY maju sebagai the next leader bukan hanya sekadar keinginan semata. Melainkan menjadi kesungguhan dari Partai Demokrat. Sehingga koordinasi harus sungguh-sungguh dilakukan. Agus menyatakan, Demokrat masih memiliki cukup waktu dan banyak opsi. Yang jelas dalam pilpres, Demokrat harus ikut berkoalisi.

“Yang jelas kita punya strategi, punya hal-hal yang perlu dilaksanakan. Sehingga strateginya berbeda, Partai Demokrat ingin AHY,” kata Agus.

“Koalisi ini masih koordinasi, apakah nanti bisa jadi poros ketiga, ya kita lihat. Kalau mencukupi kenapa tidak. Kalau koordinasi kami belum berhasil, ya baru kami menentukan hal terpenting dibanding poros-poros. Partai Demokrat ingin memanfaatkan waktu dengan efektif. Kami masih melihat kemungkinan dan hal terbaik,” kata Agus.

(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)