Home > Hiburan > Film > Penulis Naskah Asli Benyamin Biang Kerok Digugat Balik Oleh Max Pictures

Penulis Naskah Asli Benyamin Biang Kerok Digugat Balik Oleh Max Pictures

Jakarta – Penulis naskah asli film Benyamin Biang Kerok pada tahun 1972, Syamsul Fuad, merasa geram lantaran mendapat gugatan balik dari Max Pictures. Dengan nada tinggi, dia mengatakan bakal menambahkan pakaian dalamnya dalam gugatan rumah produksi tersebut.

Penulis Naskah Asli Benyamin Biang Kerok Digugat Balik Balik Oleh Max Pictures

“Saya tambahin entar pakaian dalam saya, saya kasih mereka. Kaos saya untuk si Ody, pakaian dalam saya untuk pengacaranya,” kata Syamsul dengan nada tinggi, saat ditemui wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Sebagai sineas senior, Syamsul menilai bahwa rumah produksi Benyamin Biang Kerok versi baru salah menargetkan pangsa pasar. Dia menilai hal itulah yang menyebabkan film yang dibintangi oleh Reza Rahadian tersebut tidak berhasil mencapai target enam juta penonton.

“Saya sebagai orang film saya katakan bahwa mereka salah sasaran. Tidak bisa dicerna sama penonton. Tidak menggugah padahal film harus menggugah,” kata Syamsul.

Pada (5/3/2018) silam, lewat tim kuasa hukumnya, Syamsul telah mengajukan gugatan ke PN Jakarta Pusat terhadap Falcon Pictures dan Max Pictures. Selain itu pula, bos Falcon Picture HB Naveen dan produser film tersebut juga menjadi pihak yang tergugat. Syamsul menggugat rumah produksi film tersebut lantaran mereka dituduh telah melakukan pelanggaran hak cipta atas cerita Benyamin Biang Kerok dan Biang Kerok Beruntung.

Syamsul menuntut ganti rugi materiil Rp 1 miliar untuk harga penjualan hak cipta film Benyamin Biang Kerok yang telah ditayangkan pada 1 Maret 2018 silam. Disamping itu pula, Syamsul juga menuntut royalti penjualan tiket film tersebut senilai Rp 1.000 per tiket yang telah terjual.

Tak hanya sampai disitu saja, Syamsul juga menggugat para tergugat untuk membayar ganti rugi immateril sebesar Rp 10 miliar yang mencakup kerugian akan hak moralnya sebagai pencipta atau pemegang hak cipta cerita dari Benyamin Biang Kerok. Terakhir, Syamsul meminta para tergugat melakukan permohonan maaf kepadanya dan klarifikasi melalui media massa terhadap masyarakat terkait pelanggaran hak cipta tersebut.

(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pertama Kali Main Film, Begini Perasaan Chef Juna

Pertama Kali Main Film, Begini Perasaan Chef Juna

Jakarta – Junior Rorimpandey atau yang lebih akrab dipanggil dengan Chef Juna merasa sangat senang ...