Home > Ragam Berita > Nasional > Prabowo Terancam Ditinggal PKS Jika Poros Ketiga Terbentuk

Prabowo Terancam Ditinggal PKS Jika Poros Ketiga Terbentuk

Jakarta – Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda memperkirakan poros ketiga akan segera dibentuk oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia melihat bahwa beberapa waktu belakangan ini Demokrat dan PKS rajin bertemu.

Prabowo Terancam Ditinggal PKS Jika Poros Ketiga Terbentuk

Prabowo Terancam Ditinggal PKS Jika Poros Ketiga Terbentuk

Jika memang poros ketiga nanti akan terbentuk, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra terancam ditinggal oleh PKS. Hanta mengatakan bahwa pertemuan yang rajin digelar oleh PKS dan Demokrat ini sebagai salah satu upaya untuk membentuk poros ketiga atau poros baru.

“Belum tentu poros ketiga, bisa saja poros baru kalau kemudian Pak Prabowo tidak memiliki kawan koalisi,” kata Hanta dalam program PrimeTime News Metro TV, Jakarta, Sabtu (21/04/2018).

Meski begitu, Hanta menilai bahwa upaya pembentukan poros baru terlalu berat untuk PKS dan Demokrat. Pasalnya, PKS hanya memiliki 40 kursi dan Demokrat 61 kursi.

Baca juga : PKS Tak Rela Prabowo Gaet Anies Sebagai Cawapres

Namun ambang batas pencalonan presiden sendiri harus minimal punya 20 persen dari total kursi DPR RI. Artinya, poros baru harus mencari satu partai untuk bergabung.

“Artinya harus ada tambahan, bisa PKB atau PAN. Kalau poros tiga ini terbentuk yang terancam Pak Prabowo, bisa jadi jomblo politik di pilpres 2019,” jelasnya.

Akan tetapi ia melihat bahwa poros ketiga alias poros baru ini masih belum benar-benar serius untuk dibentuk. Alasannya adalah pihak PKS dan Demokrat sendiri masih berupaya untuk memperkuat posisi tawar parpolnya masing-masing.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Jokowi Meminta Agar Rest Area Jalan Tol Jangan Diisi Dengan Merek-Merek Asing

Presiden Jokowi Minta Agar Rest Area Jalan Tol Jangan Diisi Dengan Merek-Merek Asing

Jakarta – Pada Minggu, (15/7/2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan tol Solo-Sragen di ...