Home > Ragam Berita > Nasional > Jika Jokowi Berpasangan Dengan Prabowo, Peta Politik Akan Berubah

Jika Jokowi Berpasangan Dengan Prabowo, Peta Politik Akan Berubah

Jakarta – Opsi Jokowi berpasangan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 kembali menjadi perbincangan setelah Jokowi mengungkapkan bahwa opsi tersebut masih terbuka.

Jika Jokowi Berpasangan Dengan Prabowo, Peta Politik Akan Berubah

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, bila Jokowi berpasangan dengan Prabowo maka peluang untuk menang menjadi makin besar.

“Tentu peluang menangnya paling besar ya kalau kombinasi Jokowi-Prabowo. Karena dua-duanya kalau bicara capres paling tinggi suaranya, kemudian dari dua segmen yang berbeda pendukungnya Jokowi dan Prabowo itu memang berbeda konstituennya, nah itu kemudian membuat mereka saling melengkapi,” kata M Qodari kepada wartawan, Selasa (24/4/2018).

Selain itu, peta politik akan langsung berubah bila opsi tersebut benar-benar terjadi.

“Pendukung Pak Prabowo itu akan lari karena tidak semua mau koalisi dengan Jokowi. Larinya ke mana ya nanti akan ke tokoh yang akan muncul, jadi ke calon lain,” ujar Qodari.

Qodari juga menambahkan, nantinya Jokowi-Prabowo bisa melawan kotak kosong, atau pasangan lain yang menurutnya akan dimotori oleh Partai Demokrat.

“Katakanlah Gatot dengan Anies, Anies dengan AHY, atau AHY dengan Muhaimin. Karena kalau mereka bergabung lawannya itu motornya akan datang dari Partai Demokrat,” ungkap Qodari.

“Jadi Demokrat misal gabung dengan PAN karena Pak Amien tak mau dengan Pak Jokowi, kemudian mungkin PKS gabung karena PKS betul-betul nggak mau dukung Jokowi,” tambahnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Bahas Sampah Dengan Anies, Walkot Bekasi : "Ucapan Pak Gubernur Rasanya Adem"

Bahas Sampah Dengan Anies, Walkot Bekasi : “Ucapan Pak Gubernur Rasanya Adem”

Jakarta – Rahmat Effendi (Pepen) akhirnya bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan guna membahas persoalan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135