Home > Ragam Berita > Nasional > Moeldoko: Dosen Asing Bakal Didatangkan untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Moeldoko: Dosen Asing Bakal Didatangkan untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan rencana mendatangkan dosen asing untuk peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Moeldoko: Dosen Asing Bakal Didatangkan untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Moeldoko

Peraih gelar Doktor ilmu administrasi dari Universitas Indonesia ini dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin, mengakui bahwa keberadaan dosen asing akan bisa memicu dosen dalam negeri meningkatkan kualitas mereka.

“Ke depannya, diharapkan dosen asing bisa berkolaborasi dengan PTN dan PTS guna membangkitkan iklim pendidikan yang lebih baik, khususnya dalam hal penelitian,” kata mantan Panglima TNI ini pada Selasa (24/4/2018).

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) membuka wacana akan mendatangkan sekitar 200 dosen asing sebagai tenaga pengajar di universitas di Indonesia

Karena itu, kata purnawirawan Jenderal bintang empat ini, pemerintah mengajak pihak-pihak untuk melihat wacana dan kebijakan terkait asing itu dalam konteks yang positif.

“Jangan jadi bangsa yang serba ketakutan,” ujar Moeldoko.

Baca juga: LKSP: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Sudirman Said

Terkait Perpres 20/2018 tentang Tenaga Kerja Asing (TKA), Moeldoko memastikan tetap akan memberikan perlindungan dan pengutamaan bagi warga Indonesia dalam hal ketenagakerjaan.

Menurut dia, ada kekhawatiran dalam masyarakat yang harus diluruskan atas terbitnya kebijakan tersebut. Dimana masyarakat terdistorsi isu bahwa akan semakin banyak TKA yang bekerja pada sektor “kerja kasar”.

“Tidak mungkin mereka kesini hanya untuk kerja rendahan yang gajinya ikut Indonesia. Kekhawatiran ini karena kita difeeding adanya gambaran di video, karena pakaiannya semrawut maka diangkat tenaga kerja kasar,” ujar Moeldoko. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

HNW Berharap Demokrat Tak Menolak Kader PKS Sebagai Cawapres Prabowo

HNW Berharap Demokrat Tak Menolak Kader PKS Sebagai Cawapres Prabowo

Jakarta – Munculnya kemungkinan Partai Demokrat untuk bergabung bersama poros Prabowo Subianto, mendapat perhatian khusus ...