Home > Ragam Berita > Nasional > Bareskrim Lanjutkan Penyelidikan Kasus Korupsi Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning

Bareskrim Lanjutkan Penyelidikan Kasus Korupsi Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning

Blora – Badan Reserse Kriminal Mabes Polri melanjutkan penyidikan perkara korupsi di tubuh PT Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning. Penyidik menduga ada rekayasa lelang saat anak perusahaan Pertamina itu memenangkan perusahaan pengeboran PT Alam Bersemi Sentosa untuk mengeksplorasi sumur minyak di blok Alas Dara Kemuning, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bareskrim Lanjutkan Penyelidikan Kasus Korupsi Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning

Bareskrim Polri

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri sepanjang hari ini menggeledah dua lokasi dalam perkara ini. Yaitu kantor PT Alam Bersemi di Grogol, Jakarta Barat, dan sebuah rumah di Cengkareng, Jakarta Barat. “Penggeledahan sejak pagi dan masih berlangsung,” kata seorang penegak hukum di Bareskrim pada Rabu (25/4/2018).

Kasus ini berawal pada 2014. Saat itu, PT Pertamina EP Cepu ADK – yang baru didirikan setahun sebelumnya – menggelar lelang untuk mengebor sumur minyak di Lapangan Alas Dara dan Lapangan Kemuning dengan nama pekerjaan Manajemen Proyek Pengeboran Terpadu (MPPT). Nilai proyek pengeboran mencapai sekitar Rp 408 miliar.

Menurut penyidik, perusahaan itu lalu memenangkan PT Alam Bersemi dalam lelang tersebut. Pengaturan pemenang dilakukan lewat modus lelang secara terbatas dan tidak terbuka.

Seorang tersangka telah ditetapkan dalam perkara ini yaitu Direktur PT Pertamina EP Cepu ADK periode 2014-2015. Kasus ini telah diselidiki sejak 2016 lalu. “Penggeledahan dilakukan hari ini untuk mendapatkan dokumen dan bukti lain yang berkaitan dalam perkara ini,” kata penyidik yang sama. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

SBY Tidak Hadir Dalam Sidang Tahunan MPR 2018

SBY Tidak Hadir Dalam Sidang Tahunan MPR 2018

Jakarta – Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tidak hadir dalam Sidang ...