Home > Otomotif > Mobil > Tips Bedakan Jok Mobil Berbahan Kulit Asli dan Sintetis

Tips Bedakan Jok Mobil Berbahan Kulit Asli dan Sintetis

Jakarta – Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam mempercantik mobil adalah mengganti pembungkus mobil sesuai dengan selera masing-masing. Biasanya agar daerah dalam mobil terlihat mewah, sang empunya mobil biasanya mengganti jok mobil mereka dengan jok mobil berbahan kulit asli.

Tips Bedakan Jok Mobil Berbahan Kulit Asli dan Sintetis

Tips Bedakan Jok Mobil Berbahan Kulit Asli dan Sintetis

Namun dengan maraknya penipuan sekarang ini, sang empunya mobil juga harus tetap waspada dengan jok mobil sintetis yang terlihat seperti jok mobil berbahan kulit asli. Bisa-bisa sang empunya mobil mengalami kerugian yang cukup besar dikarenakan perbedaan harga antara kedua bahan tersebut cukup jauh.

Sebenarnya membedakan jok kulit asli dengan sintetis tidaklah sulit. Pemilik Generous Car Leather Seat, Fanny Darmawan, mengatakan bahwa terdapat beberapa perbedaan jok kulit asli dengan sintetis.

“Pasti ada bedanya yang asli dan sintetis. Ada beberapa perbedaan yang bisa langsung diliat,” kata Fanny saat ditemui di bilangan ruko Demarket Otomotif Depok beberapa waktu yang lalu.

Baca juga : Bila Mobil Anda Menunjukkan Gejala Ini, Berarti Sudah Waktunya Spooring Balancing

Harga kedua jok mobil itu pun jelas sekali jauh berbeda. Biasanya Fany mematok harga Rp 8 juta hingga Rp 10 juta untuk jok kulit asli. Sedangkan jok kulit sintetis dibanderol mulai Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Berikut beberapa cara membedakan jok kulit asli dan sintetis:
1. Wangi kulit asli dan sintetis berbeda. Kulit asli memiliki wangi seperti berbau amis kulit, sedangkan wangi kulit sintetis lebih berbau karet.
2. Tekstur Kulit asli terasa lebih kasar saat diraba. Kulit sintetis akan lebih lembut.
3. Secara daya tahan, kulit asli tidak mudah pecah dan mengelupas. Berbeda kulit sintetis yang mudah pecah permukaanya dan mengelupas.
4. Dari sisi kenyamanan, jok kulit asli lebih menyerap keringat. Sedang kulit sintetis tidak menyerap keringat sehingga mengganggu kenyaman berkendara.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Kelebihan Nissan Terra untuk Konsumen Indonesia

Inilah Kelebihan Nissan Terra untuk Konsumen Indonesia

Jakarta – Nissan baru saja meluncurkan SUV premium Terra untuk pasar automotif Filipina. Dalam waktu ...