Moscow – Ternyata Piala Dunia 2018 yang akan dilaksanakan di Rusia musim panas nanti tak selamanya didukung oleh seluruh rakyat Rusia. Hal ini terlihat dari para mahasiswa Moscow State University yang tak menyukai adanya arena Fan Fest Zone di dekat kampus mereka.

Mahasiswa Moscow Tak Ingin Terganggu Dengan Gelaran Piala Dunia 2018

Fan Fest Zone merupakan area yang dikhususkan bagi para fans untuk ikut merasakan atmosfer Piala Dunia 2018 meski tidak menonton langsung di dalam stadion. Setiap ada pertandingan, akan ada puluhan ribu supoter yang memenuhi setiap Fan Zone yang disediakan tuan rumah Rusia.

Seperti yang tleah diketahui, untuk pagelaran kali in terdapat salah satu Fan Zone yang terletak di wilayah Vorobyovy Gory, sekitar 300 meter dari kampus dan asrama Moscow State University. Jarak yang cukup dekat inilah yang dinilai akan mengganggu proses belajar dan persiapan para mahasiswa menjelang ujian. Karena jadwal Piala Dunia 2018 yang dimulai pada 14 Juni itu berdekatan dengan jadwal ujian.

Moscow Times mengabarkan bahwa seluruh mahasiswa peserta demo membentuk pagar betis di depan gedung utama sebagai bentuk protes mereka terhadap Fan Fes di Piala Dunia 2018. Aksi ini juga didukung oleh sejumlah mahasiswa dari universitas lain di Ibu Kota Rusia tersebut.

“Para mahasiswa memutuskan untuk melakukan aksi demo setelah melakukan sejumlah upaya protes resmi terhadap FIFA Fan Fest. Setiap kali kami mengirim nota protes, otoritas Moscow selalu menolaknya tanpa alasan yang jelas,” demikian pernyataan pihak mahasiswa kepada Moscow Times.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)