Baku – Hasil negatif harus didapat oleh salah satu pembalap Tim Marcedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, ketika tampil dalam lanjutan kejuaraan dunia Formula One (F1) musim 2018 Grand Prix (GP) Azerbaijan. Pasalnya Bottas hanya mampu meraih posisi ke-14 di balapan itu.

Niki Lauda : Meski Gagal, Bottas Lakukan Segalanya dengan Sempurna

Dalam balapan yang dilangsungkan di Baku Street Circuit pada Minggu 29 April 2018 malam WIB tersebut, Bottas sejatinya mengawali racedengan performa impresif. Bahkan, Bottas sempat memimpin balapan pada awal-awal balapan.

Bottas mengalami kendala pada ban mobilnya. Yang Bottas harus mengalami pecah ban, dan harus gagal menyentuh garis finis. Meski begitu, Bottas berhak mendapatkan posisi ke- 14 di GP Azerbaijan.

Sebab, menurut aturan F1, pembalap yang sudah menjalani lebih dari 90% jalannya balapan, dan mendapatkan kendala, sang pembalap tetap berhak mendapatkan posisi di hasil akhir. Dan Bottas pun mendapatkan hal tersebut di GP Azerbaijan.

Walaupun begitu, Bottas tetap harus merasa kecewa lantaran gagal menyentuh garis finis paling pertama di GP Azerbaijan. Mengetahui kondisi tersebut membuat salah satu legenda Tim Mercedes, yakni Niki Lauda, berkomentar.

“Balapan ini baik dan buruk. Mengapa mereka tidak membersihkan lintasan dengan baik? Ada banyak waktu untuk melakukannya,” jelas Lauda sebagaimana diberitakan Motorsport pada Senin (30/4/2018).

“Sungguh bencana untuk Valtteri tapi bagus untuk Lewis. Valtteri melakukan segalanya dengan sempurna. Ia bisa menang mudah, tapi bagaimana pun Lewis bekerja dengan baik, jadi kami bersyukur bisa menang,” sambung pria berkebangsaan Austria tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)