Home > Ragam Berita > Nasional > Polri Tampik Adanya Kesepakatan Penghentian Kasus Rizieq di Jabar

Polri Tampik Adanya Kesepakatan Penghentian Kasus Rizieq di Jabar

Jakarta – Kasus Imam Besar FPI Rizieq Syihab terkait penghinaan dan pencemaran nama baik Presiden Sukarno telah resmi dihentikan Polda Jawa Barat. Beredar kabar kasus tersebut dihentikan karena ada kesepakatan tertentu antara pengacara Rizieq dengan penyidik.

Polri Tampik Adanya Kesepakatan Penghentian Kasus Rizieq di Jabar

Bareskrim Polri

Namun, kabar itu dibantah oleh Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. “Saya tegaskan di sini bahwa pengeluaran SP3 ini tidak ada deal-deal tertentu pada siapapun. Tidak ada deal apapun,” kata Setyo di PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

Setyo mengatakan pengeluaran surat tersebut adalah kewenangan dari penyidik. Pengeluaran surat tersebut tidak dapat diintervensi oleh pihak-pihak lain.

“Penyidik menilai mungkin kalau dilanjutkan tidak memenuhi unsurnya sampai tuntas. Kembali lagi azas ini adalah kewenangan penyidik,” kata dia.

Tetapi, Setyo tidak dapat memastikan apakah penghentian kasus ini akan mempengaruhi kasus-kasus lain yang menjerat nama Rizieq. “Kita tunggu perkembangannya, yang saya sampaikan ini di Polda Jabar,” tutup Setyo.

Baca juga: PDIP Tanggapi Hasil Survei Pasangan Jokowi-AHY

Sebelumnya Pengacara Rizieq, Sugito Atmo Prawiro mendatangi Bareskrim Polri untuk mengambil surat penghentian kasus kliennya. Pada kesempatan itu ia menyebut kasus tersebut telah dihentikan pada Februari 2018 lalu.

“Terkait perkara di Bandung. Kebetulan itu sudah beberapa waktu lalu sudah SP3. Menyangkut masalah penodaan terhadap Pancasila, lambang negara pasal 154a dan menyangkut masalah pencemaran nama baik terhadap orang yang sudah meninggal, pasal 320 KUHP,” tutur Sugito. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Tembak Dua Terduga Teroris di Tambun, Ini Kronologinya

Polisi Tembak Dua Terduga Teroris di Tambun, Ini Kronologinya

Jakarta – Polisi berhasil menangkap empat terduga teroris di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis ...