Home > Ragam Berita > Nasional > Gubernur Jabar Imbau Media Online Tidak Menulis Berita Hoax

Gubernur Jabar Imbau Media Online Tidak Menulis Berita Hoax

Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta media, terutama media online menyanjikan berita yang factual, bukan hoax.

Gubernur Jabar Imbau Media Online Tidak Menulis Berita Hoax

Ahmad Heryawan

“Media harus memberikan pendidikan melalui informasi yang berlandaskan fakta, dengan bersumber dari narasumber yang bisa dipertanggungjawabkan,” katanya usai melantik Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jawa Barat periode 2017-2022, di Bandung, Kamis (10/5/2018).

Gubernur melantik pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jawa Barat periode 2017-2022. Saat ini terdapat 60 media online atau perusahaan media siber yang tergabung dalam SMSI di Jawa Barat.

Menurut Aher, sapaan akrab gubernur, SMSI harus berperan dalam mengatasi berita hoax yang marak terjadi belakangan ini. Hal itu bisa dilakukan melalui investigasi terhadap berita hoax yang ada. Kemudian hasil investigasinya bisa menjadi rujukan bersama antarmedia. “Sehingga, masyarakat mendapat berita yang aktual dan mengungkapkan fakta media yang sesungguhnya,” ujarnya.

Aher juga menekankan perlunya cover all side bukan hanya cover both side dalam pemberitaan. Hal ini dilakukan agar ada proses silang pendapat dan tabayyun dalam setiap peristiwa yang diberitakan. “Sehingga orang tidak digiring ke satu pendapat yang dipaksakan,” katanya.

Baca juga: Polri Tegaskan Bakal Memperberat Hukuman Napi yang Rusuh di Mako Brimob

Sementara itu, Ketua Umum SMSI Jabar Hardiansyah mengatakan, saat ini di Dewan Pers tercatat tidak kurang 43.000 media massa berbasis internet yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. “Sebagian besar tidak dikelola secara profesional dan tidak menghormati etika dan hukum jurnalistik,”ucapnya.

SMSI, kata dia, menjadi wadah untuk menciptakan media siber yang profesional dan berintegritas. “SMSI berdiri di garda terdepan dalam penanggulangan informasi hoax di media sosial,” ujarnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Waketum MUI Dukung Ustad Yang Berani Dakwah di Klub Malam

Waketum MUI Dukung Ustad Yang Berani Dakwah di Klub Malam

Jakarta – Mengenai viralnya dakwah di klub malam yang dilakukan Gus Miftah belakangan ini, Wakil ...