Jakarta – RTK kali ini kembali simulasikan tiga koalisi dalam Pilpres 2019 mendatang. Kali ini menjadi tiga koalisi lantaran RTK menghitung kemungkinan munculnya poros ketiga.

Survey RTK : Poros Ketiga Tak Bisa Membendung Jokowi

Menariknya, hasil yang keluar tak berubah dari prediksi sebelumnya dimana Presiden Joko Widodo tetap memenangi pilpres meski disandingkan dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani sekalipun.

Dalam simulasi pertamanya diisi oleh Koalisi yang diisi PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura. Kemudian koalisi dari oposisi, Gerindra dan PKS, lalu koalisi poros ketiga Demokrat, PKB, serta PAN.

Untuk koalisi yang pertama, Presiden Jokowi disandingkan dengan Puan. Koalisi Gerindra-PKS, Prabowo Subianto dan Presiden PKS Sohibul Iman. Sedangkan koalisi Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpasangan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Hasilnya disampaikan oleh Rikola Fedri selaku Direktur Riset yang mana berisikan, “Hasilnya, Jokowi-Puan 46,1 persen. Prabowo-Sohibul 25,7 persen dan AHY-Muhaimin sebesar 6,9 persen. Undecided voters sebesar 21,3 persen,”

(Ikhsan Djuhadnar – harianindo.com)