Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Sayangkan Ucapan Amien Rais Yang Menyebut KPK Dagelan

Pengamat Sayangkan Ucapan Amien Rais Yang Menyebut KPK Dagelan

Jakarta – Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais kembali melontarkan pernyataan kontroversialnya. Kali ini pria yang dikenal sebagai tokoh reformasi ini menyebutkan bahwa lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan sebuah lembaga dagelan.

Pengamat Sayangkan Ucapan Amien Rais Yang Menyebut KPK Dagelan

Pengamat Sayangkan Ucapan Amien Rais Yang Menyebut KPK Dagelan

“Punya KPK tapi seperti dagelan. Jadi kalau ada kasus yang gede-gede ada backup dari kekuasaan, KPK kemudian minger (berbalik arah),” kata Amien Rais saat menghadiri acara Pengajian Songsong Ramadan, di Masjid Muthohhirin Nitikan, Jalan Sorogenen, Kota Jogjakarta, Kamis (10/05/2018).

Menanggapi hal itu, pakar hukum pidana Abdul Fickar Hadjar mengatakan bahwa jika KPK dianggap sebagai dagelan, maka secara logis rezim yan pernah melahirkannya juga rezim hasil dagelan. Menurut Fickar, jika lembaga antirasuah memiliki kekurangan, maka hal yang paling etis, diperbaiki bersama.

“Gerak langkah KPK dalam memberantas korupsi masih meninggalkan celah-celah justru itu yang harus diperbaiki bersama, bukan menyudutkannya,” kata Fickar seperti yang dilansir dari JawaPos.com, Jumat (11/05/2018).

Baca juga : Sejumlah UU Dianggap Pro Asing, Amien Rais : “Ini Mesti Bangsa Pekok”

Lebih lanjut Fickar menjelaskan bahwa tidak semua kritik Amien Rais kurang tepat, tapi ada beberapa yang harus diperbaiki oleh KPK, seperti konsistensi KPK mengusut orang yang pernah dimasukkan dalam dakwaan.

“Kesannya KPK hanya memasukan nama dalam dakwaan tanpa konfirmasi pembuktian lanjutan, sehingga tidak sedikit juga banyak yang dirugikan, sementara KPK tidak berani membawanya,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya KPK juga harus memperbaiki soal OTT yang nilai kerugian negaranya sangat kecil, dibandingkan dengan kerugian negara akibat beberapa program pemerintah yang macet, atau kerugian dirampoknya aset aset BUMN besar oleh para koruptor berbaju investor.

“Seharusnya KPK masuk di wilayah ini. Sebaiknya OTT yang kecil kecil diserahkan saja pada kejaksaan sambil disupervisi,” pungkasnya.
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Sebut Indonesia Harus Meningkatkan Hubungan Dengan China

Prabowo Sebut Indonesia Harus Meningkatkan Hubungan Dengan China

Jakarta – Ketua Umum Gerindra yang juga calon presiden dengan nomor urut 2, Prabowo Subianto, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135