Jakarta – Pada Jumat (11/5/2018), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diperlihatkan prototipe becak ‘modern’ bergaya Jerman di Balai Kota, Jakarta Pusat. Becak yang didominasi dengan warna putih tersebut turut dilengkapi dengan fitur yang cukup canggih, salah satunya adala fitur GPS.

Politisi Gerindra Pamerkan Becak Canggih Ke Anies di Balaikota

Diketahui bahwa becak tersebut digagas oleh Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik bekerja sama dengan Jakarta Creative Community. Taufik mengakui bahwa dirinya terinsipasi dari lawatannya ke negara Jerman.

“Jadi waktu itu saya ke Jerman, sampai ke tempat wisata di sana banyak becak model-model, cuma semua ngayuhnya di depan, ternyata itu standar internasional,” ucap Taufik.

“Jadi becak ini pakai GPS. Kalau keluar jalur bisa ketahuan jadinya,” sambungnya.

Anies pun mengapresiasi prototipe dari ‘Becak Jakarta’ tersebut. Anies juga ingin becak tersebut bisa digunakan di kawasan area wisata. Untuk saat ini prototipe becak tersebut dibandrol seharga Rp 13 juta. Sedangkan, Anies berharap biaya produksi ‘Becak Jakarta’ tersebut bisa diminimalkan.

“Nanti saya panggil Jaya Ancol, Ragunan, Monas, nanti biar dirundingin caranya,” kata Anies.

“Saya kira untuk biaya bisa lebih murah. Karena Rp 13 juta itu termasuk biaya trial error,” ucap Anies.

“Tapi duduk di belakang nyaman dan aman rasanya, karena pengemudinya di depan. Jadi terasa nyaman, kelihatannya sih buat dua orang cukup,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)